Live Streaming Pengamatan Hilal dari Observatorium Bosscha

by
July 8th, 2013 at 4:55 pm
Melihat Hilal

Pemantauan Hilal – Ist

Bandung (CiriCara.com) – Kementerian Agama dan sejumlah ormas akan menggelar sidang isbat pengamatan hilal untuk menentukan 1 Ramadan 1434 Hijriah. Sidang isbat akan digelar pukul 17.00 WIB hari ini, Senin (8/7/2013). Ingin ikut mengamati hilal?

Observatorium Bosscha, Lembang Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk ikut mengamati hilal secara streaming. Melalui situsnya, tim dari Bosscha akan menyiarkan hasil pengamatan dari enam lokasi.

Enam lokasi yang akan menjadi tempat pengamatan hilal tersebut antara lain, Lembang (Jawa Barat), Bukit Kemiling Permain di Bandar Lampung (Lampung), Bangkalan di Madura (Jawa Timur), Kupang (NTT), Taman LOANG BALAQ di Tanjung Karang Mataram (NTB), dan atap Mall GTC (Makassar).

Untuk melihat hasil pengamatan secara live streaming, Anda bisa langsung mengunjungi situs Observatorium Bosscha di alamat: http://bosscha.itb.ac.id/hilal/m/streaming.

Pemantauan hilal sendiri sudah dimulai sekitar pukul 14.00 – 18.30 WIB (saat matahari terbenam), Senin (8/7/2013). Setelah itu, pengamatan hilal ini akan kembali dilanjutkan pada hari Selasa (9/7/2013) besok pada jam yang sama.

Nantinya, laporan hasil pengamatan hilal para ahli di Bosscha akan dikirim ke Kementerian Agama sebagai salah satu pertimbangan penentuan awal puasa Ramadan 2013. Setelahnya, Kemenag bisa mengumumkan hasilnya pada sidang isbat malam ini.

(YG)

Comment di sini