5 Bisnis Menguntungkan Selama Ramadan Part 2

by
July 9th, 2013 at 1:43 pm

CiriCara.com – Saat menjalankan ibadah puasa, sebaiknya Anda tidak boleh bermalas-malasan saja. Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan memiliki keistimewaannya tersendiri.

Jualan kue Lebaran - Ist

Jualan kue Lebaran – Ist

Untuk itu, selama bulan Ramadan ini sebaiknya umat muslim perbanyak ibadah dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ketika ada waktu luang kosong, Anda bisa membaca Al-quran atau melakukan kegiatan yang bermanfaat lainnya.

Selain ibadah, Anda juga bisa memanfaatkan bulan Ramadan ini untuk meraup keuntungan. Keuntungan bisa Anda dapat dari berjualan. Sebelumnya, CiriCara sudah membahas 5 bisnis yang menguntungkan selama Ramadan part 1, antara lain berjualan makanan takjil, minuman buka puasa, buah-buahan, parsel, dan kembang api.

Namun, masih ada 5 bisnis lainnya yang bisa Anda lakukan. Bisnis apa itu? Inilah 5 bisnis yang menguntungkan selama Ramadan part 2:

1. Berjualan kue lebaran

Kue lebaran - Ist

Kue lebaran – Ist

Saat berpuasa, sebagian besar umat islam tentunya menunggu- nunngu datangnya hari Lebaran. pada hari Lebaran itu, masyarakat tentunya menyiapkan segala hidangan yang akan disajikan yang berkunjung ke rumahnya. Salah satu sajian yang wajib disediakan adalah aneka kue Lebaran. Kue Lebaran yang biasa dicari oleh masyarakat, antara lain nastar, keju kastengel, sagon, putri salju, kumis kucing, dan jenis kue lainnya.

Bagi Anda yang hobi membuat kue, tak ada salahnya untuk meraup keuntungan selama Ramadan. Anda bisa menjual beraneka ragam jenis kue tersebuit. Modal yang dikeluarkan berkisar antara Rp. 1.000.000 – Rp. 1.500.000. Dengan modal tersebut, Anda bisa membuat kue sesuai dengan pesanan. Untuk memasarkan aneka kue Lebaran itu bisa melalui pesan BBM, Facebook, ataupun jejaring sosial lainnya.

2. Berjualan ketupat

Berjualan ketupat - Okezone

Berjualan ketupat – Okezone

Selain aneka kue Lebaran, menu wajib yang harus disediakan saat Lebaran adalah ketupat. Ketupat merupakan simbol di hari lebaran Ji.ka tak ada ketupat, maka suasana Lebaran bisa tidak terasa. Biasanya ketupat akan dijual beberapa hari menjelang Lebaran. Namun, biasanya ada sebagian ibu-ibu yang tidak sempat membuatnya. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan hal ini. Anda bisa berjualan ketupat dengan harga Rp. 2.000 per ketupat.

3. Berjualan busana muslim

Tren busana muslim wanita - Ist

Tren busana muslim wanita – Ist

Memasuki bulan Ramadan, umat muslim biasanya akan berburu busana muslim. Busana itu nantinya akan dipakai pada saat hari Lebaran nanti. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan dengan berjualan busana muslim. Namun, baju yang dijual sebaiknya mengikuti tren yang sedang berkembang saat ini. Anda bisa berjualan dengan sistem ready stock dan pre-order serta memasarkannya melalui pesan BBM, Facebook, dan jejaring sosial lainnya. Selain busana musli, Anda juga bisa menjual berbagai jenis model hijab.

4. Berjualan perlengkapan salat

Perlengkapan salat - Antara

Perlengkapan salat – Antara

Selain berjualan busana muslim, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dengan berjualan perlengkapan salat. Perlengkapan salat yang bisa dijual, seperti sajadah, mukena, sarung, dan perlengkapan salat lainnya. Biasanya, pada Lebaran nanti banyak orang yang ingin memiliki perlengkapan salat yang baru. Modal yang dikeluarkan tergantung pada besar kecilnya barang yang ditawarkan. Biasanya bermodal antara Rp. 5.000.000 – Rp. 15.000.000. Keuntungan yang didapat jika terkumpul bisa mencapai Rp. 2.000.000 hingga Rp. 5.000.00. Untuk memasarkannya, bisa melalui dari mulut ke mulut, pesan BBM, Facebook, dan jejaring sosial lainnya.

5. Usaha rental mobil

Menyewakan mobil - Ist

Menyewakan mobil – Ist

Ramadan juga identik dengan pulang kampung. Alangkah senangnya jika merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga besar. Untuk itu, banyak orang yang berbondong-bondong balik ke daerah asalnya. Banyak cara untuk bisa kembali ke daeah asalnya, seperti menggunakan pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan mobil pribadi. Namun, biasanya yang paling diminati adalah mudik dengan kendaraan pribadi.

Bagi orang yang tak memiliki mobil mungkin akan menyewanya. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan membuka rental mobil. Jika memiliki beberapa mobil di rumah yang bermuatan cukup banyak, maka tak ada salahnya untuk disewakan saja. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar.

Itulah 5 bisnis yang menguntungkan selama Ramadan. Tak ada salahnya Anda ikut berjualan pada Ramadan kali ini. Keuntungan yang didapat bisa ditabung atau mengajak anak-anak berlibur. Bagaimana, bisnis apa yang ingin dilakukan di bulan Ramadan ini?

(NR)

Comment di sini