6 Gejala Sakit Perut yang Bisa Membunuhmu

by
July 9th, 2013 at 11:32 am

CiriCara.com – Sakit perut merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Jika sedang mengalami permasalahan pada perutnya, maka cukup mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan.

Sakit perut - Ist

Sakit perut – Ist

Ada beragam jenis sakit perut yang dialami seseorang. Selain itu, penyebabnya juga bermacam-macam. Jika sudah mengetahui penyebabnya dan jenis sakit perut yang dialami, maka untuk menyembuhkannya pun tidak terlalu sulit.

Baca juga: 8 jenis sakit perut dan cara mengatasinya.

Dilansir dari Inilah.com, Ari Fahrial Syam, dokter Gastroenterologi dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam, RS Cipto Mangukusumo mengatakan bahwa rasa sakit pada perut bisa diartikan bermacam-macam, tergantung posisinya. Seseorang yang sering mengalami sakit perut pada ulu hatinya, kemungkinan terkena penyaklit radang pankreas, tukak usus duabelas jari, kanker pankreas, hepatitis, radang paru atau serangan jantung.

Selain itu, jika sering merasa nyeri perut pada bagian kanan atas, maka kemungkinan terkena radang kandung empedu, radang pankreas, radang paru, dan hepatitis. Nyeri perut di kiri atas bisa jadi terkena nyeri limpa, infeksi virus, dan tukak lambung. Sedangkan, sakit perut di sekitar pusar bisa jadi merupakan gejala awal usus buntu.

Ternyata di balik sakit perut yang dialami terdapat suatu penyakit lain yang diderita. Untuk itu, sebaiknya segera cari tahu penyebabnya dan atasi segera jika sedang merasakan sakit perut. Berikut 6 gejala sakit perut yang bisa membunuhmu:

1. Nyeri di sekitar pusar

Pernah mengalami sakit perut di sekitar pusar dan disertai mual, muntah, serta hilangnya nafsu makan? Mengalami gejala tersebut mungkin disebabkan oleh penyakit radang usus buntu atau apendistis. Radang usus harus segera mendapatkan penanganan medis dengan cepat. Jika tidak, maka usus buntu akan pecah dan cairan yang terinfeksi bisa bocor ke bagian lain dari perut.

2. Kembung

Perut terasa kembung tentunya membuat seseorang jadi tidak nyaman, bukan? Rasanya perut seperti ditarik dan membuat jantung seperti terbakar akibat gas. Gas dalam perut merupakan udara berat yang diproduksi saat mencerna makanan berserat berat, seperti kubis.

3. Susah buang air besar

Gejala sakit perut - Ist

Gejala sakit perut – Ist

Susah buang air besar bisa disebabkan karena terlalu banyak makanan berprotein dan berkarbohidrat namun sedikit serat. Feses akan menjadi keras dan sulit buang air besar selama berhari-hari. Jika mengalami sulit buang air besar, maka membuat nafsu makan menurun dan sakit perut.

4. Diare

Diare bisa saja dialami seseorang jika makan makanan yang mentah dan tidak bersih. Hal tersebut bisa membuat seseorang jadi ingin buang air besar terus-menerus. Tak jarang, seseorang yang mengalami diare ini akan merasa lemas.

Baca juga: Cara obati peyakit diare yang dialami.

5. Ulkus lambung

Gejala ini jika dialami bisa menyebabkan rasa sakit parah dan terasa terbakar di perut. Hal tersebut disebabkan karena waktu makan yang tidak teratur sehingga enzim asam akan mengikis lapisan perut.

6. Sindrom iritasi usus besar

Sering mengalami gangguan pencernaan kronis dan sakit perut? Berhati-hatilah karena gejala tersebut merupakann petanda bahwa seseorang memiliki sindrom iritasi usus besar. Gangguan pencernaan seperti sakit perut akibat mengonsumsi makanan berat atau pedas bisa membuat perut tak sanggup untuk mencernanya. Hal tersebut juga bisa membuat kamu jadi merasa tidak nyaman.

Itulah 6 gejala sakit perut yang bisa membunuhmu. Mulai saat ini, jangan sepelakan sakit perut yang dirasa. Bisa jadi, sakit perut yang dialami itu terdapat penyakit lain. (NR)

Comment di sini