Cara Berhenti Bergosip Selama Ramadan

by
July 9th, 2013 at 9:23 am

CiriCara.com – Gosip sering diidentikkan dengan wanita. Bila ada dua-tiga wanita berkumpul, pasti ada saja omongan yang menyerempet gunjingan terhadap orang lain.

ilustrasi bergosip

Bergosip – Ist

Meskipun identik dengan wanita, tak sedikit kaum pria yang tak mau ketinggalan gosip terkini.

Memang banyak yang tak setuju dengan aktivitas bergosip, namun gosip adalah bagian dari kehidupan. Tak perlu ada UU untuk mengatur larangan bergosip.

Baca juga: Cara Cantik Berjilbab Selama Ramadan

Tapi, ketika memasuki bulan Ramadan, aktivitas bergosip patut ditinggalkan, terutama bagi mereka yang memeluk agama Islam. Menggosipkan orang bisa berujung pada batalnya puasa. Oleh karena itu, di bawah ini kita bagikan cara unik untuk berhenti bergosip selama Ramadan.

1. Kendalikan diri

Mengendalikan diri merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pahala selama bulan puasa. Oleh karena itu, tips paling mendasar ini harus dikuasai dengan benar. Jika perlu, pakailah kurungan kepala seperti bapak yang berniat berhenti merokok ini agar bisa mengendalikan diri.

2. Sibukkan diri

Sibukkan dirimu dengan aktivitas yang menyita waktu dan pikiran seperti bermain catur atau ular tangga. Bila perlu, buatlah semacam kompetisi ular tangga selama sebulan penuh tanpa ada babak penyisihan. Jadi, semua peserta bisa bermain selagi mereka sanggup. Tak perlu ada pemenang. Bila semua tahan untuk tidak menggosip, maka semuanya adalah pemenang.

Baca juga: Cara Cerdas Melatih Anak Berpuasa

3. Langganan SMS rohani

Di bulan puasa ini, banyak penyedia layanan telekomunikasi yang menawarkan program berlangganan SMS berisi kata-kata bernafaskan Islam. Dengan berlangganan, tiap hari pasti ponselmu berdering dan kamu teringat bahwa hari ini sedang berpuasa, tak boleh bergosip.

4. Banyak makan pete

Pete dikenal sebagai makanan yang dapat membuat orang yang memakannya dijauhi banyak orang. Pete terkenal karena aromanya yang aduhai. Bila kamu banyak makan pete dan hendak bergosip, pasti kamu segera dijauhi orang-orang. Sebagai alternatif, kamu juga bisa makan jengkol atau kudapan bawang putih.

5. Bertapa

Cara terakhir ini adalah cara yang paling ampuh. Selama bulan Ramadan, pergilah ke kaki Gunung Lawu dan bertapalah selama sebulan penuh. Tinggalkan ponsel, radio, mp3 player, dan lain-lain. Nafsu duniawi harus ditinggalkan agar bisa lebih dekat dengan Tuhan.

Itulah kelima cara untuk berhenti bergosip selama bulan Ramadan. Harap diketahui, kelima cara itu belum pernah dicoba. Jika kamu sudah mencoba, segera isi komentar di bawah dan jelaskan apakah kamu berhasil atau tidak. Kalau berhasil, pasti banyak yang ikut mencoba.:p

Semoga berhasil!

(hp)

Comment di sini