Cara Mencegah Kulit Kering Selama Puasa

by
July 9th, 2013 at 10:15 am
Kulit kering saat puasa - Ist

Kulit kering saat puasa – Ist

CiriCara.com – Sejumlah orang mengeluh bahwa kulitnya menjadi sangat kering saat berpuasa. Masalah tesrsebut memang sering dialami oleh banyak orang pada kulit tangan, kaki, dan wajahnya. Kulit yang kering itu tentunya cukup mempengaruhi penampilan seseorang, khusunya wanita karena jadi kusam dan nampak tua.

Lalu, apa sebenarnya penyebab kulit kering saat berpuasa?

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami kulit kering saat puasa. Misalnya, kurang meminum air putih, terlalu sering mencuci wajah, dan lain sebagainya. Untuk itu, ada cara untuk mencegah kulit kering selama puasa. Bagaimana caranya?

Dilnasir dari Vemale.com, berikut cara mencegah kulit kering selama puasa:

1. Perbanyak meminum air saat sahur dan buka

Agar kulit tak kering, sebaiknya Anda perbanyak meminum air putih pada saat sahur dan buka puasa. Selain itu, tetap juga mengonsumsi makanan yang sehat dan buah-buahan. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung air dan beta karoten, seperti wortel, blewah, dan labu. Sebisa mungkin, hindari terlalu banyak meminum minuman manis.

2. Jangan terlalu sering mencuci wajah

Selama puasa, sebaiknya mencuci wajah dengan air secukupnya saja. Jika Anda terllau sering membasuh wajah, maka bisa membuatnya menjadi kering. Membasuh wajah saat hendak salat saja itu sudah cukup.

3. Jangan terlalu lama di ruangan ber-AC

Perbanyak makan sayur dan buah - Ist

Perbanyak makan sayur dan buah – Ist

Udara yang dihasilkan oleh penyejuk ruangan bisa membuat kulit menjadi kering. Jika pekerjaan menuntut Anda untuk terus berada di ruangan ber-AC, maka sebaiknya sesekali berjalan keluar dan biarkan kulit terkena udara luar dan sinar matahari.

4. Memakai pelembap wajah

Jangan lupa juga untuk tetap memakai pelembap wajah. Jika ingin memakainya, maka pastikan wajah Anda dalam keadaan bersih. Selain itu, pilih pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.

5. Memakai masker wajah

Untuk menjaga kelembapan kulit, Anda juga disarankan untuk memakai masker wajah. Masker yang digunakan bisa dari bahan-bahan alami, seperti alpukat dan pisang. Jika ingin menggunakan alpukat, maka Anda harus menghancurkannya terlebih dahulu hingga menjadi bubur. Lalu tambahkan 2 sendok yoghurt tanpa rasa dan aduk hingga menjadi seperti pasta. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan kompres dengan es batu agar pori-pori wajah tertutup kembali.

Baca juga: Cara mempercantik kulit dengan bahan alami.

Itulah cara mencegah kulit kering selama puasa. Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, namun Anda harus tetap menjaga kesehatan kulit. Dengan begitu, kulit akan tetap sehat dan Anda terlihat cantik walaupun sedang berpuasa. (NR)

Comment di sini