Cara Mudah Agar Diterima Kerja

by
July 9th, 2013 at 4:59 pm
Diterima kerja - Ist

Diterima kerja – Ist

CiriCara.com – Memiliki nilai IPK yang tinggi dan CV yang menarik tidak menjamin Anda langsung diterima kerja di sebuah perusahaan. Masih ada faktor lain yang harus Anda miliki agar bisa diterima kerja di perusahaan yang diinginkan dengan gaji cukup dan fasilitas memadai.

Sejumlah orang mengeluh bahwa mendapatkan pekerjaan itu sulit. Padahal, mendapatkan pekerjaan itu cukup mudah jika Anda mengetahui beberapa hal yang bisa menarik perhatian si pewawancara. Walaupun sudah tes wawancara, namun Anda bisa saja tak dipanggil lagi. Kenapa?

Hal tersebut bisa saja terjadi karena dirinya melakukan kesalahan saat melamar atau tes wawancara kerja. Untuk itu, ada beberpa hal yang harus Anda perhatikan agar diterima kerja di perusahaan yang diinginkan. Apa saja?

Dilansir dari Vemale.com, berikut cara mudah agar diterima kerja:

1. Berpenampilan menarik

Penampilan merupakan hal utama yang bisa dinilai dan dilihat oleh si pewawancara. Saat dipanggil untuk melakukan tes wawancara, sebaiknya Anda harus berpenampilan semenarik mungkin. Untuk wanita, tak perlu berdandan terlalu menor. Yang terpenting, Anda harus terlihat rapi, bersih, dan berpakaian sopan. Selain itu, penampilan di foto CV juga harus menarik. Anda bisa sedikit tersenyum dan berpakaian yang formal.

2. Menjawab cepat pertanyaan yang diajukan

Tes wawancara - Ist

Tes wawancara – Ist

Pada saat tes wawancara, Anda harus memasang mata dan telinga. Jadi, jika si pewawancara melemparkan pertanyaan, maka Anda bisa langsung menjawabnya. Usahakan mencari jawaban yang smart. Selain itu, sebaiknya Anda tidak grogi ketika menjawab pertanyaan dari si pewawancara.

3. Melakukan kontak mata

Melakukan kontak mata saat tes wawancara juga penting Anda lakukan. Hal ini sama pentingnya dengan penampilan. Jika Anda termasuk tipe orang yang pemalu, maka usahakan hanya sekali membuang pandangan dari si pewawancara.

4. Menjawab pertanyaan dengan smart

Sebelum tes wawancara sebaiknya Anda harus mencari tahu terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut dan posisi yang Anda ajukan. Mengetahui informasi tersebut sangat membantu Anda dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan. Selain itu, jawablah semua pertanyaan tanpa rasa grogi.

5. Percaya diri

Kepercayaan diri merupakan salah satu faktor yang menentukan Anda bisa diterima bekerja. Mereka yang kurang percaya diri pada kemampuannya, bisa langsung dicoret daftar namanya dari si pewawancara. Untuk itu, pastikan Anda terliha percaya diri pada kemampuan yang dimiliki.

Itulah cara mudah agar diterima kerja. Semoga bermanfaat dan mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan.

Baca juga: Cara berjabat tangan agar diterima kerja.

(NR)

Comment di sini