Jangan Melakukan 8 Kesalahan Ini Selama Puasa

by
July 9th, 2013 at 9:28 am

CiriCara.com – Pada saat berpuasa, sejumlah orang merasa lemas atau loyo sehingga malas untuk melakukan aktivitas apapun. Sebenarnya, berpuasa di bulan Ramadan itu menyehatkan tubuh seseorang asalkan dijalankan dengan benar.

Terlalu banyak makan saat puasa - Ist

Terlalu banyak makan saat puasa – Ist

Seseorang yang merasa loyo saat menjalankan ibadah puasa biasanya disebabkan karena dirinya melakukan kesalahan-kesalahan. Kesalahan apa yang biasa dilakukan seseorang sehingga membuat tubuhnya jadi terasa lemas saat berpuasa?

Dikutip dari Tribunnews.com, Pramono, ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, mengatakan bahwa sebaiknya umat muslim yang sedang berpuasa tidak melakukan kesalahan-kesalahan saat menjalankan puasa. Apa saja kesalahan tersebut?

Berikut 8 kesalahan yang perlu dihindari selama berpuasa:

1. Mengabaikan makan sahur

Makan sahur jika ingin menjalankan puasa itu penting. Makan sahur juga sangat dianjurkan dan tertera dalam hadist Rasulullah. “Makan sahurlah kalian, sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah.” Sahur sangat penting dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa. Tapi, terkadang sejumlah orang meninggalkan hal ini.

2. Makan sahur terlalu malam

Dikarenakan malas bangun, biasanya sejumlah orang akan makan sahur pada malam harinya. Sebenarnya hal tersebut tak dianjurkan karena bisa membuat tubuh menjadi loyo. Sebaiknya, makan sahur dilakukan paling cepat 1 jam sebelum waktu Imsyak.

3. Minum dengan minuman manis

Ketahuilah bahwa makanan manis hanya bertahan 2 jam setelah dimakan. Padahal, umat muslim harus menahan puasa selama 14 jam. Minuman manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar. Untuk itu, sebaiknya selama berpuasa mengutamakan mengonsumsi air, vitamin, dan elektrolit. Artinya, Anda disarankan untuk memperbanyak meminum air putih, mengonsumsi buah-buahan atau, jus buah tanpa gula.

4. Makan makanan yang terlalu asin

Makanan asin bisa menyebabkan Anda kehausan karena memiliki kandungan natrium yang tinggi sehingga menyebabkan air yang di dalam sel ditarik keluar dan membuat Anda merasa cepat haus.

5. Makan makanan yang pedas atau menimbulkan gas

Lemas saat puasa - Ist

Lemas saat puasa – Ist

Selama berpuasa, sebaiknya Anda jangan terlalu banyak mengonsumsi makan makanan yang asin dan terlalu merangsang lambung, seperti terlalu pedas atau adam atau bergas, seperti kol atau lobak. Makanan tersebut akan menimbulkan masalah dalam lambung sehingga mengganggu kekhusukan ibadah puasa.

6. Makan gorengan

Menyantap aneka makanan yang digoreng memang nikmat, namun jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Makanan yang digoreng (deep fried) bisa menimbulkan keluhan kesehatan, seperti mual, heart burn, kembung, dan peningkatan berat badan.

7. Meminum minuman yang mengandung kafein

Minum kopi saat sahur? Sebaiknya jangan melakukan hal tersebut karena bersifat diuretik dan menimbulkan keluhan sakit kepala akibat dari efek adiksi. Selain itu, hindari juga untuk meminum minuman ringan (soft drink).

8. Makan terlalu kenyang

Pada saat sahur dan berbuka puasa banyak orang yang makan hingga membuatnya merasa begah. Sebaiknya, jangan melakukan hal tersebut karena bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. Selain itu, islam juga mengajarkan bahwa berhentilah makan sebelum kenyang. Jika makanan dalam lambung terlalu banyak atau melebihi kapasitas enzim pencernaan yang diproduksi, maka makaan tidak tercerna dengan sempurna.

Selain itu, makan berlebihan juga menimbulkan gejala berupa rasa sakit perut yang berakibat muntah dan diare serta perut terasa membengkak. Untuk itu, makan secukupnya saja jika tak ingin tubuh terasa lemas selama berpuasa.

Itulah 8 hal yang sebaiknya tidak dilakukan selama berpuasa. Dengan mengurangi atau tidak melakukan hal tersebut, puasa Anda akan lancar dan tubuh pun selalu segar serta semangat menjalankan aktivitas. Selamat berpuasa. (NR)

Comment di sini