Kecelakaan Pesawat Asiana Airlines Sempat Terekam Kamera

by
July 9th, 2013 at 2:18 pm
Asiana Airlines / Indiana Express

Asiana Airlines / Indiana Express

San Francisco (CiriCara.com) - Kecelakaan maut yang menimpa maskapai pesawat asal Korea Selatan, Asiana Airlines ternyata sempat terekam kamera.

Dalam detik-detik pendaratan pesawat naas tersebut, tampak pesawat berjenis Boeing 777 itu melakukan pendaratan yang kurang mulus. Akhirnya pesawat terbakar dan menewaskan 2 penumpang yang berada di dalam pesawat.

Diberitakan oleh Detik.com, Fred Hayes, seorang fotografer yang gemar mengambil foto dan mengamati pesawat terbang tidak sengaja merekam detik-detik kecelakaan tersebut. Fred merekam insiden tersebut dari seberang landasan atau dari teluk.

Dari rekaman Hayes terlihat bahwa pesawat milik Korea Selatan itu telah menghantam landasan. Kemudian bagian depan pesawat kembali terangkat ke udara sebelum akhirnya terjatuh lagi ke tanah dengan bunyi dentuman yang sangat keras.

Menurut Hayes, bunyi keras tersebut terdengar seperti suara guntur. Awalnya ia tidak menduga bahwa pesawat jenis Boeing 777 tersebut akan mengalami kecelakaan karena semuanya terlihat baik-baik saja dari awal.

Dalam kecelakaan yang terjadi pada hari Sabtu, 6 Juli 2013 itu, sebanyak 2 orang penumpang tewas dan 182 penumpang lainnya luka-luka. Korban tewas adalah dua orang siswi SMA di China yang bernama Ye Mengyuan (16) dan Wang Linjia (17) yang duduk dalam satu baris saat kejadian.

Sementara itu, Lee Kang Kook, pilot yang mengemudikan pesawat itu mengaku baru sekali mengendalikan pesawat Boeing 777. Meski sudah mempunyai jam penerbangan yang sangat tinggi dan berkali-kali sudah mendaratkan pesawat di San Franscisco, rupanya Lee Kang Kook tidak bisa mengatur pesawat jenis baru tersebut.

Berdasarkan keterangan sementara, pesawat tersebut terbang dengan kecepatan lebih rendah dari yang disarankan sehingga tidak bisa mendarat normal. (RN)

Comment di sini