Layanan Sering Lumpuh, BlackBerry Akan Dikenai Sanksi

by
July 9th, 2013 at 9:04 am

Jakarta (CiriCara.com)BlackBerry, ponsel pintar populer di Indonesia terancam diberi sanksi karena seringnya gangguan yang terjadi terhadap layanan ponsel tersebut.

BlackBerry - Ist.

BlackBerry – Ist.

Dilansir dari Kontan.co.id, gangguan yang terjadi pada hari Rabu, 3 Juli 2013 pekan lalu membuat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bertindak.

Kemkominfo hingga saat ini masih menunggu alasan pasti tentang gangguan yang terjadi terhadap jaringan BlackBerry. Ancaman pemberian sanksi terhadap BlackBerry ini tidak hanya terjadi pada tahun ini saja, pasalnya pada tahun 2009 dan 2011 lalu, BlackBerry pernah diberi sanksi untuk kasus yang berbeda.

Gatot S. Dewabroto, Juru Bicara Kemkominfo mengatakan bahwa pada tahun 2009, pemerintah pernah menuntut Research in Motion (RIM) untuk membangun layanan purnajual ponsel BlackBerry di Indonesia namun sempat ditolak.

“Mereka tidak mau bangun layanan purnajual. Jadi kalau ada BB (BlackBerry) rusak dibawa ke Singapura. Terpaksa kita larang datangkan BB baru ke Indonesia. Akhirnya mereka menyerah,” kata Gatot kepada sumber berita.

Pada tahun 2011 lalu BlackBerry juga kembali mengundang masalah. Pada saat itu, pihak Internet Service Provider (ISP) sudah memblokir situs dengan konten porno namun BlackBerry belum mengambil langkah serupa.

Pemerintah lalu mengancam akan memblokir browsing BlackBerry hingga akhirnya vendor dari Kanada tersebut menyerah.

Hingga saat ini, Gatot belum mengetahui besarnya kerugian yang dialami oleh masyarakat terkait dengan gangguan jaringan BlackBerry tersebut karena hingga saat ini belum ada pelanggan yang mengadukan secara resmi.

Sedangkan dari pihak BlackBerry Indonesia, Yolanda Nainggolan selaku Manajer Humas mengatakan bahwa ia belum mengetahui penyebab pasti gangguan tersebut.

“Kami belum dapat infokan karena masih butuh waktu investigasi penyebab terjadinya gangguan,” kata Yolanda.

Namun pihak BlackBerry masih enggan berspekulasi tentang penyebab gangguan tersebut karena masih banyak faktor yang diduga menjadi penyebabnya. (RN)

Comment di sini