Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Anak

by
July 9th, 2013 at 2:46 pm

CiriCara.com – Ketika bayi dilahirkan, sebaiknya sang ibu memberikan ASI (Air Susu Ibu) kepada anaknya. ASI sangat baik untuk si bayi. Sang ibu juga disarankan untuk memberikannya eksklusif selama enam bulan.

Memberikan ASI untuk anak - Prenagen

Memberikan ASI untuk anak – Prenagen

Namun sayangnya, masih ada beberapa ibu yang tak melakukan hal tersebut untuk anaknya. Mereka lebih memilih untuk memberikan susu formula yang mahal untuk perkembangan si bayi. Padahal, ASI merupakan makanan terbaik yang bisa diberikan untuk bayi untuk membantu perkembangannya.

Ada beberapa manfaat atau keuntungan yang bisa didapat jika si ibu menyusui atau memberikan ASI untuk anaknya. Selain itu, anak juga bisa mendapatkan keuntungan atau manfaat jika diberikan ASI oleh ibunya. Apa saja keuntungannya?

Dilansir dari Vemale.com, berikut manfaat menyusui bagi ibu dan anak:

Manfaat bagi ibu

1. Rahim jadi terbentuk seperti semula

Saat menyusui, oksitosin dilepaskan. Hal ini membuat rahim jadi mengerut dan terbentuk seperti sebelum masa kehamilan dulu. Selain itu, ibu yang menyusui juga meminimalkan terjadinya pendarahan.

2. Tubuh menjadi langsing

Saat hamil biasanya seorang ibu berat badannya akan naik. Hal tersebut akan dialami hingga melahirkan nanti. Untuk mendapatkan tubuh yang kembali langsing, sebaiknya sang ibu memberikan ASI kepada anak. Kalori yang Anda konsumsi dari makan akan tersalurkan untuk si kecil. Jadi, tak banyak makanan yang tersisa dan menumpuk dalam tubuh.

3. Menurunkan risiko terkena kanker

Memberikan ASI pada anak bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara. Selain itu, menyusui juga lebih mendekatkan Anda dan si kecil terutama dalam hal psikologis.

4. Tidak boros

Menyusui juga bisa membuat pengeluaran jadi irit karena Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli susu formula.

5. Praktis

Menyusui si kecil - Whatisbaby

Menyusui si kecil – Whatisbaby

Manfaat lain yang bisa didapat si ibu jika menyusui si kecil adalah membuatnya jadi lebih praktis. Anda tak perlu lagi repot-repot untuk membawa makanan sereal atau susu ke mana-mana. Jika si kecil lapar atau haus, maka Anda bisa langsung meyusuinya saja.

Manfaat bagi bayi

1. Melindunginya dari berbagai infeksi

ASI mengandung antibodi yang bisa melindungi si bayi dari berbagai infeksi, seperti polio, saluran pernapasan, telinga, dan usus.

2. Mendapatkan gizi terbaik

Asi merupakan makanan paling bergizi untuk si bayi sehingga mempengaruhi proses tumbuh kembangnya. Selain itu, ASI juga mudah dicerna sehingga si bayi tak mengalami sakit perut, diare, dan mencegah terjadinya sembelit.

3. Membantu pertumbuhan otak anak

ASI mengandung protein dan lemak yang baik untuk perkembangan otak anak.

4. Menurunkan risiko terkena alergi

Manfaat lain yang didapat anak adalah menurunkan risiko terkena alergi, seperti asma dan eksema. Selain itu, ASI juga menghindarkan anak dari sariawan dan keringat buntu.

5. Membantu pembentukan tulang dan gigi

Selain membantu tumbuh kembang otak si anak, ASI juga membantu pembentukan tulang dan gigi pada anak. Membuat anak tetap sehat karena terjamin gizinya sehingga memiliki jantung yang kuat dan terhindar dari obesitas.

Itulah manfaat yang bisa didapat bagi ibu dan anak jika memberikan ASI. Sebaiknya, sang ibu jangan termakan oleh pendapat orang lain yang mengatakan bahwa menyusui bisa membuat payudara melorot dan tidak cantik lagi. Bukankah anak sendiri lebih berharga dari apapun yang ada di dunia ini?

Untuk itu, sebaiknya Anda memberikan ASI kepada anak sampai berusia 2 tahun. Dengan begitu, si anak bisa menjadi sehat dan Anda pun bisa mendapatkan manfaatnya. Tak ada ilmu kedokteran yang membantah manfaat positif dari menyusui bagi ibu dan dan anak.

Baca juga: Cara cerdas ibu menyimpan ASI perah.

(NR)

Comment di sini