Pernah Mengkritik, Sekarang Amien Rais Dukung Jokowi

by
July 9th, 2013 at 9:55 am

Jakarta (CiriCara.com) - Amien Rais, mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) pernah mencela Joko Widodo atau Jokowi saat maju mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta tahun lalu.

Amien Rais / Komhukum

Amien Rais / Komhukum

Amien Rais yang dulu mendukung kandidat Gubernur DKI Jakarta yang lain, Fauzi Bowo pernah berkata bahwa Jokowi bukan sosok yang tepat untuk memimpin Jakarta.

Bahkan Amien Rais membandingkan kota Solo, tempat Jokowi memimpin yang juga merupakan tempat tinggalnya dengan berbagai kota di dunia.

Solo itu masih kumuh, gelap, agak miskin. Sebenarnya ini sudah masa tenang kampanye sebetulnya tidak boleh, tapi Anda (wartawan) tanya ya saya jelaskan. Solo itu kemiskinannya tertinggi di Jawa Tengah,” kata Amien Rais, 19 September 2013 lalu.

Mantan Ketum PAN ini juga mengaku heran terhadap terpilihnya Jokowi sebagai salah satu Walikota terbaik di dunia.

Ia juga menyindir tentang upaya Jokowi yang dianggap sangat berhasil dalam segi pencitraan. Menurutnya, Jokowi menjadi dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia karena banyak pemberitaan tentang kesuksesan mantan Walikota Solo itu di berbagai media.

Namun kini tampaknya Amien Rais sudah berubah pandangan. Seiring dengan gencarnya dukungan terhadap Jokowi untuk menjadi Presiden, Amien mulai luluh dan sependapat dengan rakyat Indonesia lainnya.

Menurut Amien, saat ini Jokowi sangat cocok dipasangkan dengan Ketua Umum PAN sekarang, Hatta Rajasa untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 nanti.

Ia menjelaskan bahwa ada beberapa kombinasi yang bisa diambil jika Hatta ditempatkan sebagai Wakil Presiden (Wapres) antara lain kombinasi Jokowi-Hatta atau Prabowo-Hatta.

“Kita kadang-kadang membayang-bayangkan bagaimana kalau misalnya duet Prabowo-Hatta atau Jokowi-Hatta. Atau mungkin sebaliknya bisa saja. Kita open kita masih terbuka,” ujar Amien di Balai Kartini, Senin, 8 Juli 2013 seperti ditulis oleh sumber berita yang sama.

Mungkin Amien Rais telah melihat kinerja dan sosok Jokowi sebenarnya selama setahun terakhir memimpin Jakarta sehingga ia berbalik mendukungnya. (RN)

Comment di sini