Selasa 9 Juli 2013 Hari Syak, Haram Berpuasa?

by
July 9th, 2013 at 1:26 pm
rukyatul hilal ramadan,

Rukyat untuk tentukan awal puasa Ramadan – Ist

Jakarta (CiriCara.com) – Perbedaan awal puasa Ramadan kembali terjadi di tahun 2013 ini. Hal ini pun menjadi kontroversi tersendiri terutama di kalangan masyarakat. Bahkan, ada yang berpendapat bahwa puasa pada hari Selasa, 9 Juli 2013 hukumnya haram. Benarkah?

Kepala Pondok Pesantren Al Hidayah, Syafrudin Abdul Ghani mengatakan bahwa 9 Juli 2013, hari ini merupakan hari syak (diragukan). Syafrudin menjelaskan, hari syak adalah hari yang diperdebatkan, apakah hari itu masuk 1 Ramadan atau masih 30 Sya’ban.

Jika mengacu pada sebuah hadis, menjalankan ibadah puasa di hari syak dengan niat Ramadan hukumnya haram. Dalam hadis dijelaskan bahwa Rasulullah SAW melarang berpuasa di hari syak, satu hari sebelum Ramadan.

“Jelas ada hadis yang melarang (puasa di hari syak),” kata Syafrudin, seperti dikutip dari Republika.co.id, Selasa (9/7/2013).

Berkaitan dengan adanya perbedaan awal puasa, Syafrudin menyarankan agar masyarakat awam mengikuti keputusan pemerintah selaku ulil amri negara. “Kalau mau aman, ya ikut keputusan pemerintah,” ujarnya.

Syafrudin pun meminta agar semua masyarakat bisa saling menghargai perbedaan awal puasa tersebut. Menurutnya, semua orang sudah mempunyai keyakinannya masing-masing.

Meskipun demikian, hukum berpuasa di hari syak hingga saat ini masih belum jelas. Para ulama masih berbeda pendapat, ada yang mengatakan hukumnya makruh dan ada juga yang mengatakan hukumnya haram.

Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan awal puasa Ramadan jatuh pada hari Rabu, 10 Juli 2013 besok. Namun, Muhammadiyah tetap menjalankan ibadah puasa pada hari Selasa, 9 Juli 2013 hari ini, sesuai dengan keyakinan mereka.

(YG)

Comment di sini