Bolehkah Menggosok Gigi Saat Puasa ?

by
July 10th, 2013 at 10:21 am

CiriCara.com – Puasa sudah memasuki hari pertama. Di tengah hari, mungkin banyak yang merasa mulutnya mulai terasa pahit dan mengeluarkan bau tak sedap.

menggosok gigi saat puasa

Ilustrasi menggosok gigi saat puasa – Tumblr

Namun pasti tak sedikit yang bertanya-tanya, apakah menggosok gigi saat puasa bisa membatalkan puasanya?

Menurut sejumlah ahli agama Islam, menggosok gigi dengan pasta gigi saat menjalankan ibadah puasa berhukum makruh. Pada zaman Nabi Muhammad SAW, belum ada pasta gigi. Orang-orang menggunakan siwak.

Oleh karena itu, pendapat umum mengatakan orang boleh menggosok giginya bila pasta gigi yang digunakan tidak terlalu kuat sehingga efeknya bisa langsung hilang setelah selesai berkumur. Menurut ajaran Islam, mulut dipandang sebagai bagian luar tubuh.

Baca: Ini Hukum Menggosok Gigi Saat Puasa

Untuk menghindari makruh, umat muslim yang menjalani puasa sebaiknya menggosok giginya selepas sahur, buka, dan sebelum tidur. Dengan cara tersebut, bau mulut dapat dikurangi saat puasa.

1. Setelah sahur

Setelah sahur, makanan yang masih menempel di dalam mulut menjadi biang berkembangnya bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain gigi, rongga mulut dan lidah juga wajib dibersihkan dari kotoran agar napas tetap sedap sepanjang hari. Jika perlu, gunakan cairan khusus pembersih mulut.

2. Selepas berbuka

Sama seperti setelah sahur, menggosok gigi selepas berbuka wajib hukumnya karena alasan yang sama. Setelah menggosok gigi, napas tentu menjadi lebih segar sehingga bisa lebih nyaman dalam menjalani aktivitas selanjutnya seperti salat tarawih.

3. Sebelum tidur

Pastikan untuk menggosok gigi sebelum tidur agar kebersihan mulut dan gigi lebih terjamin. Para dokter gigi sebenarnya memang menyarankan untuk menggosok gigi 3 kali dalam sehari yakni pagi, sore, dan malam sebelum tidur. Bulan puasa ini bisa dijadikan momen untuk memulai kebiasaan baru menggosok gigi 3 kali sehari.

Bagi yang ingin mengetahui jadwal puasa (Imsakiyah) selama bulan Ramadan 2013, silakan cek halaman Jadwal Imsakiyah Ramadan 1434 H/2013

(hp)

Comment di sini