Cara Aman dan Sehat Berbuka Puasa

by
July 10th, 2013 at 2:37 pm

CiriCara.com – Pada saat adzan maghrib berkumandang, umat muslim yang berpuasa diwajibkan untuk membatalkan puasa. Pada saat itu juga, banyak orang yang langsung menyantap berbagai jenis makanan dan minuman. Lalu, apakah tepat melakukan hal tersebut saat berbuka puasa?

Ilustrasi buka puasa bersama - Ist

Ilustrasi buka puasa bersama – Ist

Langsung menyantap makanan dan minuman saat berbuka puasa boleh-boleh saja, tapi Anda harus tahu apa yang benar-benar baik untuk dimakan terselbih dahulu. Saat berpuasa, sistem pencernaan cenderung mengurangi produksi enzim sehingga berpengaruh ke lapisan lendir pada perut.

Baca juga: 4 hidangan tepat untuk buka puasa.

Selain itu, diikutip Wikihow.com, terlalu banyak makan saat berbuka puasa juga tidak baik untuk kesehatan. Anda bisa mengalami beberapa gangguan kesehatan, sepeti sakit perut, diare, dan kembung. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus berbuka puasa dengan cara yang sehat dan benar.

Berikut cara aman dan sehat berbuka puasa:

1. Utamakan asupan cairan

Batalkan puasa dengan meminum minuman segar, seperti jus dari buah atau sayuran. Minumlah sedikit jus buah dahulu, lalu tambahkan air putih satu gelas. Pastikan Anda meminum cukup dahulu, lalu setelah itu menyantap aneka makanan. Selain jus dan air putih, Anda juga meminum yoghurt hambar. Yoghurt mengandung bakteri yang baik untuk usus Anda.

2. Tambahkan salad sayur

Setelah memimum aneka minuman, Anda bisa menambahkan salad sayur sebagai menu santap berbuka. Makanlah kol dan bayam beserta yoghurt sebagai dressing-nya. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan dengan memakan buah yang mengandung banyak air.

3. Berbuka dengan porsi kecil

Santapan buka puasa - Ist

Santapan buka puasa – Ist

Alangkah baiknya, bebuka puasa tidak sampai membuat Anda terlalu kenyang. Berhentilah makan ketika Anda mulai merasa kenyang. Anda bisa mengemil lagi setiap 2 hingga 3 jam sekali.

4. Mengunyah makanan secara perlahan

Dikarenakan kelaparan dan kehausan, biasanya seseorang langsung menyantap makanan dengan waktu yang singkat. Sebaiknya jangan melakukan hal tersebut karena tidak baik untuk saluran pencernaan. Anda disarankan untuk mengunyah makanan secara perlahan.

5. Makanan mengandung protein dan karbohidrat

Jika berbagai takjil sudah Anda santap, maka sebaiknya tak usah langsung memakan nasi beserta lauknya. Sebaiknya, istirahatkan dahulu lambung selama 30 menit. Setelah itu, Anda baru bisa makan nasi beserta lauknya. Makanlah berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan protein, seperti telur, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Itulah cara aman dan sehat berbuka puasa. Dilansir dari Wolipop.com, dr. Phaidon L. Toruan, praktisi gaya hidup sehat mengatakan bahwa air kelapa murni, kurma, serta buah-buahan lainnya merupakan makanan dan minuman paling ideal untuk buka puasa. terapkan buka puasa seperti cara di atas. dengan begitu, berbagai masalah kesehatan tak akan datang pada Anda selama berpuasa. Selamat menjalankan ibadah puasa. (NR)

Comment di sini