Cara Mengobati Galau Akibat Tak Lulus SBMPTN

by
July 10th, 2013 at 11:21 am

CiriCara.com – Setelah lulus SMA (Sekolah Menengah Atas), tentunya banyak siswa dan siswi yang ingin melanjutkan sekolahnya ke perguruan tinggi. Sebagian besar dari mereka biasanya ingin masuk ke Universitas Negeri ternama.

Ilustrasi ujian SBMPTN - Ist

Ilustrasi ujian SBMPTN – Ist

Untuk masuk ke Univesitas Negeri ternama itu, siswa dan siswi SMA harus mengikuti tes SBMPTN. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) itu nantinya akan diikuti oleh banyak orang di seluruh Indonesia. Selain itu, persaingannya pun cukup ketat. Tak jarang banyak siswa dan siswi SMA yang tidak lolos dalam tes tersebut.

Bagi siswa dan siswi yang lolos tentunya akan memasang tampang gembira dan bangga. Akan tetapi, bagi yang tidak lolos biasanya akan galau. Bagi kamu yang sedang galau karena tak lulus SBMPTN, sebaiknya jangan terus memikirkan hal tersebut. Kamu harus move on agar masa depan kamu menjadi lebih baik.

Masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan meskipun menunda untuk duduk di Universitas negeri. Hal-hal apa yang bisa dilakukan untuk mengobati galau itu? Berikut cara mengobati galau akibat tak lulus SBMPTN:

1. Bergabung ke tempat les atau komunitas

Pergi liburan - Ist

Pergi liburan – Ist

Untuk mengatasi galau, cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu bergabung ke tempat les atau komunitas. Namun, les yang bisa kamu ikuti bukanlah akademis melainkan les sesuai dengan hobi atau kemampuan yang kamu miliki.

Misalnya, les menyanyi, bermain alat musik, menari, fotografi, dan lain sebagainya. Dengan mengikuti les atau bergabung ke dalam komunitas tersebut, mungkin saja kemampuan kamu akan terasah dan membuahkan hasil sehingga dari hobi kamu bisa jadikan sebagai mata pencaharian.

2. Mulai berbisnis

Jangan terus galau karena tak lulus SBMPTN. Kamu harus berpikir bahwa saat ini bukanlah waktu yang tepat untuk bisa duduk di Universitas Negeri. Selain itu, perlu diingat juga bahwa bukan berarti tak lulus SBMPTN itu tak bisa menjadi sukses. Kamu bisa mendapatkan kesuksesan itu juga dengan berbisnis.

Mulailah berbisnis kecil-kecilan dengan berjualan, seperti menjual pakaian, makanan, atau hal lainnya. Kamu bisa memasarkan barang dagangan melalui pesan BBM, Facebook, Instagram, atau situs jual beli lannya. Mungkin saja kamu akan sukses dengan berbisnis. Baaimana, mau mencoba untuk berbisnis?

3. Pergi liburan

Pergi liburan bisa menjadi obat terbaik untuk mengobati galau akibat tak lulus SBMPTN. Kamu bisa pergi liburan yang seru dan asyik bersama teman-teman. Menciptakan liburan yang asyik tak harus mengeluarkan banyak biaya. Dengan pergi ke gunung atau tempat wisata yang ada di Indonesia juga sudah membuat kamu kembali bahagia.

Itulah cara mengobati galau akibat tak lulus SBMPTN. Tak bisa duduk di universitas negeri seharusnya jangan terlalu dipikirkan. Jika ingin meneruskan sekolah, maka kamu bisa mencari universitas swasta. Saat ini, banyak universitas swasata yang diakui mampu bersaing dengan universitas negeri. Kamu harus move on agar bisa mencapai impian. Terus semangat! (NR)

Comment di sini