Muslim Eropa Berpuasa 20 Jam Per Hari

by
July 10th, 2013 at 11:25 am
berpuasa, menjalankan puasa

Berpuasa – Ist

Norwegia (CiriCara.com) – Pada Ramadan tahun 2013 ini, umat Muslim yang tinggal di Eropa harus rela berpuasa lebih lama dibanding Muslim di Indonesia. Pasalnya, mereka harus berpuasa selama 20 jam dalam sehari.

Seperti diberitakan Euro News, pada bulan Ramadan ini matahari di Eropa akan terbenam lebih lama dibanding hari biasanya. Hal ini terjadi di negara Swedia, Finlandia, dan juga Norwegia. Sedangkan di Indonesia, umumnya puasa hanya berlangsung selama 17 jam dalam sehari.

Meskipun demikian, Yaser Javed, mahasiswa muslim teknik elektro di Swedia, mengaku merasa tertantang untuk menjalankan ibadah puasa. Meskipun mengaku berat, Yaser akan tetap berpuasa demi menjalankan perintah agama.

Yaser mengaku tetap termotivasi untuk menjalani ibadah puasa demi memperdalam ilmu agamanya. “Semakin lama waktu berpuasa, merupakan tantangan bagi saya,” katanya, seperti dikutip dari Tempo.co, Rabu (10/7/2013).

Sementara itu, Ibrahim Afridi, mahasiswa di Norwegia, mengaku senang bisa kembali menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Ia merasa tertantang untuk bisa menahan hawa nafsu selama menjalankan ibadah puasa.

“Puasa merupakan salah satu perintah utama Allah SWT,” ujar Afridi.

Menurut Imam Shakir, ulama di Eropa, semua umat Muslim Eropa pasti akan mampu berpuasa selama 20 jam jika didasari niat karena Allah SWT. Apalagi, puasa Ramadan merupakan salah satu kewajiban seorang Muslim.

Perubahan musim karena pergeseran bulan Ramadan ini menjadi tantangan tersendiri untuk umat Muslim yang tinggal di Eropa. Hidup di negara dengan jumlah orang Muslim yang sedikit juga akan menjadi hambatan untuk mereka.

Namun mereka tentu tidak akan mau menyia-nyiakan kesempatan untuk menambah pahala di bulan Ramadan. Apalagi, bulan Ramadan juga diyakini sebagai bulan penuh berkah dan pintu ampunan Allah SWT pun terbuka lebar untuk mereka yang menjalankan puasa.

(YG)

Comment di sini