TV Inggris Siarkan Azan Subuh Selama Ramadan

by
July 10th, 2013 at 9:43 am
kumandang azan, foto muadzin, foto muazin

Kumandang Azan – Ist

London (CiriCara.com) – Untuk pertama kalinya sebuah televisi di Inggris, Channel 4 berencana menyiarkan kumandang azan subuh mulai 9 Juli 2013, untuk menyambut Ramadan 1434 Hijriah. Kumandang azan ini akan disiarkan pada pukul 3 dinihari selama satu bulan.

Menurut kepala program Channel 4, Ralph Lee, azan akan dikumandangkan oleh Hassen Rasool, musisi Muslim Inggris. Lee juga mengungkapkan bahwa program azan tersebut dibuat untuk memudahkan umat Muslim di Inggris dalam beribadah di bulan Ramadan.

Lee berharap, kumandang azan tersebut bisa mengubah prasangka buruk orang Inggris atas Islam. Pasalnya, Muslim Inggris mengalami masalah sejak terjadinya pembunuhan tentara di Woolwich oleh seorang radikal beberapa waktu lalu.

Lee juga mengatakan bahwa acara tersebut akan menjadi penyeru untuk umat Muslim melakukan ibadah salat subuh. “Panggilan untuk beribadah bagi Muslim ini adalah momen keagamaan yang tenang,” kata Lee.

Keputusan Channel 4 untuk menyiarkan kumandang azan ini jelas mendapat penolakan dari sejumlah kalangan di Inggris. Mereka bahkan ada yang menyerukan untuk memboikot Channel 4 jika tetap menyiarkan azan.

Meskipun demikian, Lee tetap akan menyiarkan kumandang azan sebagai bentuk dukungan Channel 4 pada kelompok agama minoritas di Inggris. “Itulah yang kami lakukan, yaitu memberikan ruang alternatif bagi mereka yang kurang terwakili,” ujarnya.

Seperti diketahui, belakangan ini Muslim Inggris mengalami masalah sejak terjadinya pembunuhan tentara Lee Rigby, veteran perang Afganistan. Sejak saat itu, sejumlah aksi demonstrasi menentang Islam mulai bermunculan.

Jumlah Muslim di Inggris sendiri diperkirakan hanya mencapai sekitar 2,8 juta orang. Muslim Council of Britain yang mewakili para Muslim pun menyambut baik rencana Channel 4 untuk menyiarkan azan subuh.

Muslim Council of Britain berharap agar program azan ini bisa menghilangkan prasangka buruk warga Inggris terhadap Islam. Diharapkan warga Inggris akan mulai mendapatkan gambaran yang sebenarnya mengenai ajaran Islam.

(YG)

Comment di sini