Cara Sahur yang Benar untuk Ibu Hamil

by
July 11th, 2013 at 9:10 am

CiriCara.com – Walaupun ibu hamil diperbolehkan untuk tidak berpuasa, namun masih ada beberapa darinya yang tetap menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan. Jika si ibu hamil merasa mampu untuk menjalankan puasa, maka tak apa-apa dijalankan asalkan tetap memenuhi nutrisi untuk dirinya dan si calon bayi.

Ilustrasi ibu hamil makan sahur - Ist

Ilustrasi ibu hamil makan sahur – Ist

Ibu hamil perlu memenuhi gizinya untuk dua orang, dirinya dan si calon si bayi. Untuk itu, ibu hamil disarankan agar mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi agar kondisi kehamilannya tetap sehat. Aneka sayur, buah-buahan. kacang-kacangan, dan makanan yang mengandung protein sangat disarankan untuk dikonsumsi selama hamil.

Selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk makan lebih sering. Tapi, bagaimana jika si ibu hamil ingin menjalankan puasa? Ada beberapa aturan dan menu makan yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil ketika sahur. Bagaimana caranya?

Dilansir dari Tabloid-Nikita.com, berikut cara sahur yang benar puasa untuk ibu hamil:

1. Mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna

Sahur merupakan sarapan yang berfungsi untuk menghaslkan energi yang akan digunakan seharian nanti. Namun, untuk ibu hamil disarankan agar mengonsumsi makanan dengan komposisi yang seimbang, yaitu 50% karbohidrat, 30% protein, dan 10-20% lemak.

2. Harus ada sayur dan buah

Pada saat sahur usahakan ibu hamil mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Manfaatnya agar BAB lancar sehingga tak terjadi konstipasi. Jika tidak mengonsumsi serat, maka bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti wasir pada ibu hamil.

3. Minum susu

Konsumsi sayur saat sahur - Ist

Konsumsi sayur saat sahur – Ist

Untuk menambah kekuatan saat puasa, ibu hamil disarankan untuk meminum susu. Tapi, jika kadar gula darah ibu hamil tergolong tinggi atau terjadi diabetes gestasional, maka minumlah susu dan pemanis yang aman untuk dikonsumsi.

4. Makan secara perlahan

Agar tak timbul masalah gangguan pencernaan, sebaiknya ibu hamil makan sahur jangan terburu-buru. Pastikan makanan yang dikonsumsi itu dicerna dengan baik demi kesehatan Anda dan bayi dalam kandungan.

5. Kurangi makanan pedas

Bukan hanya orang yang tidak hamil saja, tapi ibu hamil juga disarankan untuk mengurangi makanan pedas pada saat sahur. Kenapa? Makan makanan pedas pada saat sahur bisa menimbulkan gangguan pada perut.

Itulah cara sahur yang benar untuk ibu hamil. Jika ibu hamil masih sedang mengonsumsi obat dari dokter, maka jangan lupa untuk meminumnya. Selain itu, perbanyak juga untuk meminum air putih agar kehamilan tetap sehat. Selamat berpuasa. (NR)

Comment di sini