Gambar Lucu: Aktivitas Khas ABG Indonesia Selepas Sahur

by
July 11th, 2013 at 9:17 am

CiriCara.com - Puasa sudah memasuki hari kedua. Masih lancar kan ibadahnya? Di bulan Ramadan ini, sudah sepatutnya umat muslim sedunia lebih berupaya mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Ibadah puasa wajib hukumnya di bulan yang penuh berkah ini. Namun, masih banyak yang belum benar-benar mendalami makna Ramadan. Banyak yang menganggap puasa hanyalah sekadar menahan rasa haus dan lapar.

Baca juga: Muslim Eropa Berpuasa 20 Jam Per Hari

Terbukti, setelah menjalankan ibadah sahur banyak yang kemudian melanjutkan aktivitas dengan hal-hal yang sama sekali tidak berkaitan dengan ibadah di bulan Ramadan.

Contohnya seperti gambar di bawah ini:

CiriCara---Infografis---Aktivitas-Khas-ABG-Indonesia-Selepas-Sahur

Padahal, aktivitas-aktivitas tersebut bisa jadi malah mengurangi pahala selama berpuasa. Dengan nongkrong bersama kawan-kawan, tak jarang tercipta percakapan yang mengarah pada gosip dan pergunjingan yang berujung pada fitnah. Tentu saja fitnah bisa membatalkan puasa.

Baca juga: Cara Berhenti Bergosip Selama Ramadan

Dengan berpacaran, berdua-duaan di tempat yang sepi, kesempatan untuk membatalkan puasa juga terbuka lebar. Apalagi bermain mercon atau petasan. Mercon yang dibunyikan sembarangan di jalan bisa membuat orang lain merasa terganggu.

Suaranya yang keras dan berkumandang secara tiba-tiba pasti mengagetkan orang yang mendengarnya. Selain itu, serpihan kertas yang berhamburan di jalan menambah kerja para pembersih jalan yang harus memastikan jalan bersih dari sampah.

Aktivitas khas yang seakan menjadi tradisi selepas sahur adalah tidur sampai siang atau bahkan sore hari. Biasanya mereka yang tidur hingga sore hari sengaja begadang pada malam harinya hingga sahur, agar kuat tidur lama. (Baca: Hari Pertama Puasa, Banyak Warga Tidur di Masjid)

Seharusnya, waktu luang selepas sahur bisa diisi dengan kegiatan yang lebih positif dan berkaitan dengan Ramadan seperti tadarus atau zikir.

Selamat menunaikan ibadah puasa.. :D

(hp)