Hal-hal yang Mengurangi Pahala Puasa Ramadan

by
July 11th, 2013 at 10:05 am

CiriCara.com – Bulan Ramadan merupakan satu-satunya bulan yang penuh rahmat dan keberkatan yang mana tidak terdapat pada bulan-bulan lain. Ketika memasuki bulan Ramadan, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dan meningkatkan ibadahnya.

Ramadan 1434 H - Ist

Ramadan 1434 H – Ist

Namun, ada juga sejumlah orang yang boleh meninggalkan puasa Ramadan, seperti anak kecil yang belum baligh, orang gila tanpa disengaja, sakit parah, musafir, wanita hamil dan menyusui, orang yang sangat tua, serta wanita yang mengalami haid dan nifas.

Bagi yang menjalankan puasa, sebaiknya beribadahlah dengan hati yang ikhlas. Jangan hanya menahan lapar dan dahaga saja, tapi Anda juga harus meningkatkan ibadah dan menjauhi hal-hal yang bisa mengurangi pahala puasa Ramadan. Apa saja hal-hal yang mengurangi puasa Ramadan?

Berikut 7 hal yang mengurangi pahala puasa Ramadan:

1. Berbicara kotor

2. Bebohong

3. Memfitnah orang lain

4. Menghina orang lain

5. Tak bisa menahan emosi

6. Melakukan perbuatan yang dilarang agama, seperti berjudi, berzina, dan lain sebagainya.

Selamat puasa - Ist

Selamat puasa – Ist

7. Menyaksikan perbuatan maksiat, seperti menonton film porno.

Itulah hal-hal yang bisa mengurangi pahala puasa Ramadan. Selain itu, perbuatan buruk lain yang bisa mengurangi atau menggugurkan pahala puasa adalah korupsi dan melakukan tindakan kejahatan lainnya.

Rasulullah SAW menyatakan dalam salah satu hadits yang cukup terkenal, “Berapa banyak di antara manusia yang berpuasa, tapi tidak mendapatkan hasil dari puasanya kecuali lapar dan haus” (Riwayah Bukhori Muslim).

Dari hadits tersebut terlihat bahwa banyak orang mu’min yang berpuasa tapi tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan haus. Lalu, apa peyebabnya?

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang tidak meninggalkan kata-kata dusta dan perbuatan buruk, maka Allah tidak memerlukan ia meninggalkan makan dan minumnya.” (Abu Hurairah r.a.).

Dari Hadits tersebut menjelaskan bahwa penyebab merekayang hanya mendapatkan rasa lapar dan haus karena tidak meninggalkan kata-kata dusta dan perbuatan buruk. Untuk itu, selama Anda berpuasa sebaiknya jalani dengan hati yang ikhlas dan jauhi perbuatan buruk. Dengan begitu, pahala puasa Anda tidak berkurang dan mendapatkan berkah di bulan suci ini. Selamat berpuasa.

Baca juga: Hal-hal yang membatalkan puasa Ramadan.

(NR)