Klub Sepakbola Nigeria Menang 79-0

by
July 11th, 2013 at 11:14 am
sepakbola

Sepakbola – Ist

Lagos (CiriCara.com) – Klub Nigeria, Plateau United Feeders harus mendapatkan kemenangan besar agar bisa lolos ke Divisi 3 Liga Nasional (liga terendah di Nigeria). Target itupun akhirnya terpenuhi, setelah Plateau United mengalahkan Akurba FC dengan skor telak 79-0.

Meskipun demikian, kemenangan besar yang dicapai Plateau United itu dicurigai oleh Federasi Sepakbola Nigeria (NFF). Pasalnya, pada babak pertama Plateau United hanya menang 7-0. Tapi, pada babak kedua Plateau sukses mencetak 72 gol.

Jika dilihat secara logika, Plateau United berarti mampu mencetak 1 gol dalam 40 detik di babak kedua. Hal ini pun membuat Wakil Presiden NFF Mike Umeh mencurigai adanya skandal pengaturan skor dalam pertandingan Plateau United vs Akurba FC tersebut.

Seperti dilansir The Nation, Rabu (10/7/2013), Mike Umeh mengatakan bahwa skandal besar tersebut baru terjadi pertama kali di kompetisi sepakbola Nigeria. “Kejadian yang sangat memalukan ini belum pernah terjadi di Nigeria,” ujarnya.

Menurut Umeh, pihak NFF akan segera melakukan investigasi mengenai dugaan skandal pengaturan skor tersebut. NFF juga siap memberikan sanksi kepada semua pihak yang terbukti terlibat dalam skandal tersebut.

Tidak hanya klub, pemain, dan panitia pertandingan pun akan dikenai sanksi jika terbukti terlibat. NFF juga akan melakukan investigasi lebih lanjut terkait dugaan adanya suap dalam kasus skandal pengaturan skor tersebut.

Selain Plateau United, klub Police Machine juga diduga telah melakukan skandal yang sama. Pasalnya, Police Machine berhasil mengalahkan Babayaro FC dengan skor telak 67-0 dalam satu pertandingan.

Akibat dugaan skandal pengaturan skor tersebut, keempat tim tersebut terancam dibekukan oleh pihak NFF. Jika terbukti bersalah, maka keempat tim itu akan mendapatkan sanksi larangan bermain di Liga Nigeria.

(YG)

Comment di sini