Merugi, BlackBerry Akan Pecat Karyawan Lagi?

by
July 11th, 2013 at 8:55 am

Ontario (CiriCara.com) - Dalam rapat umum pemegang saham BlackBerry yang dilangsungkan pada hari Selasa, 9 Juli 2013 di Waterloo, Ontario, BlackBerry mengumumkan rencana pemecatan karyawan terutama pada jajaran manajer perusahaan kelas menengah.

BlackBerry - Ist.

BlackBerry – Ist.

Diberitakan oleh Kompas.com, rencana itu semakin kuat berhembus setelah BlackBerry memecat Wakil Presiden Penjualan kawasan Amerika Serikat, Richard Piasentin pada bulan Juni 2013 lalu.

BlackBerry juga masih terus bersiap-siap melakukan pemecatan kepada karyawan di seluruh dunia dalam waktu dekat. Namun jumlah pasti berapa karyawan yang akan dipecat belum diketahui.

Padahal pada tahun 2012 lalu BlackBerry memecat sekitar 5.000 karyawan di seluruh dunia untuk menekan pengeluaran dan anjloknya saham yang dimiliki vendor asal Kanada tersebut.

Sampai saat ini, BlackBerry masih berusaha keras meningkatkan nilai perusahaan. Perusahaan yang pernah merajai dunia teknologi tersebut masih terbuka atas segala kemungkinan untuk meningkatkan pendapatan tersmasuk membuka kesepakatan lisensi dan juga menjual perusahaan.

Meski rencana di atas sudah digulirkan namun Thorsten Heins selaku CEO BlackBerry masih saja mengandalkan produk-produknya untuk meningkatkan nilai.

Produk-produk terbaru BlackBerry antara lain BlackBerry seri 10 dan juga software serta solusi keamanan untuk korporasi antara lain BlackBerry Enterprise Service dan Secure Work Space.

Menurunnya jumlah pelanggan BlackBerry diduga disebabkan karena persaingan berat melawan smartphone dengan platform lain seperti iOS milik Apple dan Android milik Google yang menawarkan lebih banyak aplikasi dan kemudahan kepada pelanggan. BlackBerry juga sering mengalami masalah terutama dalam layanan BlackBerry Messenger (BBM).

Tercatat sebanyak lebih dari tiga kali dalam tahun lalu, BBM mengalami masalah akibat lumpuhnya server vendor asal Kanada tersebut. (RN)

Comment di sini