Waspada Daging Sapi Oplosan Daging Celeng

by
July 11th, 2013 at 3:30 pm
jualan daging sapi, daging sapi, pedagang daging sapi

Pedagang daging sapi – Ist

Ungaran (CiriCara.com) – Momen Ramadan biasanya dimanfaatkan sejumlah pedagang daging untuk meraup keuntungan, termasuk dengan cara yang tidak halal. Di salah satu pasar di Semarang, petugas menemukan adanya daging sapi yang dioplos daging celeng.

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Semarang menemukan daging sapi oplosan yang dicampur dengan daging celeng atau babi hutan. Hal ini terjadi di Pasar Babadan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Menurut Bupati Semarang, Mundjirin, para pedagang “nakal” sengaja mencapur daging celeng demi mendapatkan keuntungan lebih. Apalagi, permintaan daging sapi terus meningkat seiring memasuki bulan Ramadan 1434 Hijriah.

Mundjirin pun meminta agar dinas terkait segera melakukan pemeriksaan. Pasalnya, daging oplosan itu tentu akan merugikan masyarakat Muslim di Semarang. “Saya minta Dinas Peternakan untuk rutin mengawasi,” ujarnya.

Mundjirin mengimbau agar masyarakat lebih waspada saat membeli daging sapi. Karena bisa saja kecurangan yang serupa juga terjadi di sejumlah pasar-pasar besar lainnya. “Ini merugikan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Kabupaten Semarang, Agus Purwoko Djati telah mendata para penjual yang diduga melakukan kecurangan. Nantinya, pedagang tersebut akan mendapatkan sanksi dan terus diawasi.

“Penjual kami data identitasnya, kami memberikan pembinaan, dan kami awasi pedagang tersebut,” ujar Agus, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Kamis (11/7/2013).

Menurut Agus, perbedaan daging sapi dengan daging celeng (babi) bisa dilihat dari dua segi. “Dari segi warna dan tekstur daging,” jelasnya.

Untuk memberikan efek jera kepada para penjual “nakal”, Pemerintah Kota Semarang akan melakukan pencabutan izin jualan pedagang tersebut. Nantinya uji laboratorium juga akan dilakukan untuk memastikan keamanan dan kesehatan daging.

(YG)

Comment di sini