5 Gejala Awal Kanker Tenggorokan

by
July 12th, 2013 at 4:49 pm
Gejala awal kanker tenggorokan - Ist

Gejala awal kanker tenggorokan – Ist

CiriCara.com – Walaupun jarang terjadi di Indonesia, namun kanker tenggorokan sangat perlu untuk diwaspadai. Terlebih bagi mereka yang merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan mereka yang bekerja di SPBU karena seringnya menghirup segala jenis minyak, seperti premium dan solar.

Kanker tenggorokan merupaakan tumor ganas yang berkembang di area tenggorokan, larynx atau kotak suara, dan tonsil. Biasanya jenis penyakit kanker yang satu ini menyerang orang-orang yang telah berumur dan juga anak-anak. Tercatat, di Asia pernah ada seorang anak berusia 12 tahun menderita kanker tenggorokan.

Lalu, apa saja gejala jenis penyakit kanker yang satu ini? Dilansir dari Boldsky.com, berikut 5 gejala wal kanker tenggorokan:

1. Sulit menelan

Sulit menelan apapun, makanan atau minuman merupakan salah satu tanda awal seseorang mengalami kanker tenggorokan. Kanker tumbuh sebagai tumor di tenggorokan. Jika pertumbuhan itu berlanjut, maka akan menghambat perjalanan makanan atau membuat Anda jadi sulit untuk menelan.

2. Suara berubah

Ilustrasi batuk tak kunjung sembuh - Ist

Ilustrasi batuk tak kunjung sembuh – Ist

Jika kanker tumbuh di sekitar pita suara, maka akan menyebabkan perubahan suara. Untuk itu, Anda perlu mengonsultasikan pada dokter jika melihat adanya tanda perubahan suara.

3. Batuk tak kunjung sembuh

Batuk Anda saat ini tak sembuh-sembuh dan suara menjadi serak? Berhati-hatilah karena hal tersebut merupakan gejala awal seseorang mengalami kanker tenggorokan. Sebaiknya segera pergi ke dokter untuk diperiksa.

4. Bunyi napas aneh

Ketika bernapas, udara melewati Anda dan kemudian dilanjutkan ke trakea. Salah satu gejala kanker tenggorokan adalah muncul suara aneh ketika bernapas. Apakah Anda mengalami hal seperti ini?

5. Permukaan laring terasa kasar

Merasa ada permukaan yang kasar di tenggorokan? Berhati-hatilah karena hal tersebut juga merupakan gejala awal kanker tenggorokan. Gejala ini akan terus Anda alami jika mengalami kanker tenggorokan.

Itulah 5 gejala awal kanker tenggorokan. Sebaiknya, jangan abaikan kelima gejala hal tersebut jika Anda mengalami dan merasakannya. Segera periksalah ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit yang diserita. Jika Anda mengetahuinya sejak dini, maka semakin mudah juga untuk disembuhkan.

Baca juga: Cara sehat melawan sakit kanker.

(NR)

Comment di sini