Cara Agar Bibir Tidak Kering Selama Puasa

by
July 12th, 2013 at 3:35 pm
Bibir kering - Ist

Bibir kering – Ist

CiriCara.com – Bibir Anda kering saat sedang berpuasa? Hal tersebut mungkin dialami juga oleh umat muslim lain yang sedang berpuasa. Hal tersebut dikarenakan kurangnya air yang masuk ke dalam tubuh. Selain membuat bibir kering, kekurangan air juga bisa membuat kulit menjadi kering.

Apabila bibir terlihat kering, maka penampilan jadi kurang menarik. Bibir akan terlihat pecah-pecah dan membuat Anda jadi terlihat pucat. Namun, hal tersebut sebenarnya bisa dicegah. Bibir Anda bisa tetap lembap dan sehat selama berpuasa. Bagaimana caranya?

Berikut cara agar bibir tidak kering selama berpuasa:

1. Jangan terlalu sering menjilat bibir

Sebaiknya jangan menjilat bibir saat sedang berpuasa, Walaupun membuat kulit bibir terasa lebih nyaman, namun tindakan tersebut malah akan menyebabkan bibir menjadi lebih kering dari sebelumnya. Pasalnya, menggigit atau menjilat bibir menghilangkan minyak alami yang dihasilkan bibir.

2. Cukup minum air putih saat sahur dan berbuka

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab kulit kering dan bibir pecah-pecah. Untuk itu, pastikan Anda cukup meminum air putih pada saat sahur dan berbuka. Walaupun sedang berpuasa, namun Anda harus meminum air putih setidaknya 2 liter per hari. Usahakan berbuka puasa meneguk segelas air putih dahulu.

3. Kurangi makanan pedas dan asin

Memakai pelembap bibir - Ist

Memakai pelembap bibir – Ist

Pada saat sahur dan berbuka puasa, sebaiknya Anda mengurangi mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asin. Selain bisa menimbulkan gangguan pencernaan, terlalu banyak makan makanan yang pedas juga menyebabkan bibir menjadi kering.

4. Jangan meminum minuman berkafein dan merokok

Saat berbuka puasa dan sahur, sebaiknya jangan meminum kopi dan merokok. Kedua hal tersebut jika Anda lakukan akan membuat bibir jadi terlihat kering. Ketahuilah bahwa rokok bisa mengeringkan minyak alami yang berfungsi untuk melindungi bibir.

5. Memakai pelembap bibir

Selama puasa, jangan lupa juga untuk memakai pelembap bibir. Namun, pakailah sesuai kebutuhan saja.

Itulah cara agar bibir tidak kering selama puasa. Walaupun sedang berpuasa, namun Anda harus tetap menjaga kesehatan bibir dan mulut. Kedua hal tersebut perlu dilakukan agar membuat Anda tetap tampil percaya diri. Selamat berpuasa.

Baca juga: Cara mencegah bau mulut saat puasa.

(NR)

Comment di sini