Cara Agar Tidak Kesiangan Makan Sahur

by
July 12th, 2013 at 9:09 am

CiriCara.com – Telat bangun untuk sahur? Hal ini mungkin pernah dialami oleh sejumlah orang, apalagi ketika akhir-akhir puasa Ramadan. Jika sudah telat bangun dan tak sempat makan sahur, maka biasanya mereka akan merasa lemas menjalankan ibadah puasanya.

Ilustrasi kesiangan bangun sahur - Thinkstock

Ilustrasi kesiangan bangun sahur – Thinkstock

Walaupun Anda kuat untuk tidak makan dan minum seharian, namun tidak makan sahur juga bisa membahayakan kesehatan. Kenapa? Hal tersebut dikarenakan tubuh tidak mendapat asupan energi dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu bagi yang memiliki sakit maag, tak sempat makan sahur juga bisa memperparah sakitnya.

Baca juga: Cara sehat puasa untuk penderita maag.

Untuk itu, jangan sampai Anda melewatkan makan sahur demi kelancaran puasa dan kesehatan. Agar tidak telat bangun sahur, ada cara yang perlu Anda lakukan. Berikut cara agar tidak kesiangan makan sahur:

1. Berbuka puasa secukupnya

Sebaiknya, saat buka puasa jangan terlalu kenyang karena bisa membuat Anda jadi merasa kantuk dan pencernaan menjadi berat. Saat berbuka, sebaiknya pilih makanan yang aman dan sehat saja.

2. Jangan beraktivitas terlalu lelah

Saat sedang berpuasa, Anda perlu mengatur waktu sosialisasi, waktu kerja, ibadah, dan tidur. Sebaiknya, jangan terlalu lelah melakukan aktivitas setiap hari. Jika tubuh dan pikiran terasa sangat lelah, maka tidur Anda akan terlelap sehingga jadi sulit untuk bangun sahur.

3. Pasang alarm

Pasang alarm - Ist

Pasang alarm – Ist

Memasang alarm untuk membangunkan seseorang dari tidur memang cara klasik. Tapi, percayalah cara ini cukup ampuh untuk membangunkan Anda sahur. Jika Anda termasuk orang yang sulit bangun, maka aturlah alarm di ponsel hingga volume tertinggi. Selain itu, And ajuga bisa menggunakan “alarm hidup”, maksudnya Anda bisa meminta untuk dibangunkan oleh pasangan, orangtua, kakak, atau adik.

4. Jangan mengunci kamar

Apabila Anda tinggal bersama orangtua atau teman-teman yang sama-sama sedang menjalankan ibadah puasa, maka sebaiknya jangan mengunci kamar. Ketika waktu sahur tiba, akan lebih mudah akses mereka untuk membangunkan Anda.

5. Sempatkan untuk salat malam

Jika Anda terbangun lebih awal, maka jangan kembali tidur. Alangkah baiknya Anda memanfaatkan waktu tersebut untuk melaksanakan salat malam. Ambil air wudhu dan lakukan salat malam. Air wudhu bisa menyegarkan Anda dan tetap terjaga hingga waktu sahur nanti.

Itulah cara agar tidak kesiangan makan sahur. Sahur itu penting dilakukan bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa. Dengan makan sahur saja Anda sudah mendapat pahala. Selain itu, Nabi SAW juga menganjurkan umat muslim yang menjalankan ibadah puasa untuk sahur, seperti yang diriwayatkan oleh Abi Said al-Khudri RA: “Sahur itu barakah, maka jangan tinggalkan meski hanya seteguk air. Dan termasuk sunnah ketika sahur adalah untuk mengakhirinya.” (NR)

Comment di sini