Cara Berbuka Puasa yang Benar untuk Ibu Hamil

by
July 12th, 2013 at 11:08 am

CiriCara.com – Menjalankan ibadah puasa saat hamil sebenarnya tak apa-apa asalkan si ibu tetap memenuhi kebutuhan nutrisi untuk dirinya dan bayi dalam kandungan. Ibu hamil yang merasa kuat untuk bepuasa, harus tetap mengonsumsi makanan yang sehat.

Makanan sehat saat hamil - Ist

Makanan sehat saat hamil – Ist

Walaupun sedang berpuasa, pastikan ibu hamil tetap mengonsumsi berbagai jenis sayuran, buah-buahan, makan yang mengandung protein, dan kacang-kacangan. Pada saat sedang sahur dan berbuka puasa, pastikan nutrisi tersebut selalu dikonsumsi oleh ibu hamil.

Cara sahur yang benar untuk ibu hamil sudah pernah dibahas oleh CiriCara. Namun kali ini CiriCara akan membahas cara berbuka puasa yang benar untuk ibu hamil. Dilansir dari Tabloid-Nikita.com, berikut cara berbuka puasa yang benar untuk ibu hamil:

1. Awali dengan makanan hangat dan manis

Ketika adzan maghrib berkumandang, sebaiknya ibu hamil jangan langsung meminm es karena bisa menyebabkan kembung. Anda bisa meminum teh manis hangat dahulu dan memakan beberapa buah kurma.

2. Jangan langsung makan berat

Berbuka puasa dengan makan nasi beserta lauknya sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu hamil. Anda baru bisa makan makanan berat itu setelah salat maghrib atau 30 menit setelah memakan sajian takjil saja. Jangan memaksa sistem pencernaan untuk bekerja keras setelah seharian beristirahat.

3. Mengonsumsi makanan berserat tinggi

Saat berbuka puasa, ibu hamil harus mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti sayur dan buah. Makanan yang tinggi serat akan dicerna dalam waktu lama sehingga lambung bisa bersiap secara bertahap.

Minum jus buah segar - Ist

Minum jus buah segar – Ist

4. Jangan terlalu kenyang

Alangkah baiknya jangan makan sampai kenyang saat berbuka. Kekenyangan bisa menimbulkan rasa kantuk. Ketika sudah berbuka, ibu hamil perlu rajin mengudap. Namun, camilan haruslah makanan yang sehat dan memiliki nutrisi, seperti meminum jus, makan roti, puding, dan camilan sehat lainnya. Aneka camilan itu bisa Ada makan setelah salat tarawih atau sekitar jam 9 malam.

Baca juga: Menu makan sehat untuk ibu hamil.

5. Perbanyak meminum air putih

Perbanyak juga meminum air putih pada malam hari. Tujuannya adalah agar Anda tak merasa dehidrasi dan kondisi si bayi juga tetap sehat.

Itulah cara berbuka puasa yang benar untuk ibu hamil. Sebaiknya, hindari makanan berlemak tinggi untuk mencegah penambahan berat badan. Dengan menerapkan cara berbuka puasa di atas, kondisi Anda dan kehamilan tentunya akan sehat. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengonsultasikan kepada dokter kandungan jika terdapat keluhan selama berpuasa. (NR)

Comment di sini