Cara Berolahraga Saat Berpuasa

by
July 12th, 2013 at 1:20 pm
Jogging sore hari - Ist

Jogging sore hari – Ist

CiriCara.com – Sejumlah orang yang sedang berpuasa biasanya akan bermalas-malasan untuk beraktivitas, termasuk malas untuk berolahraga. Mereka menganggap bahwa berolahraga saat puasa menjadi satu aktivitas yang cukup melelahkan sehingga bisa membuatnya menjadi kehausan.

Padahal, tubuh pada dasarnya sebuah sistem yang harus dilatih terus agar lebih kebal dan sehat. Jadi, walaupun sedang berpuasa, Anda disarankan untuk tetap berolahraga. Takut lelah bukan menjadi alasan Anda untuk tidak berolahraga.

Agar tetap semangat berolahraga, ada beberapa tata cara yang perlu Anda perhatikan. Cara apa? Dilansir dari Vemale.com, berikut cara berolahraga saat berpuasa:

1. Berolahraga sebelum berbuka puasa

Sebaiknya, berolahraga saat puasa dilakukan satu atau dua jam sebelum berbuka puasa. Jadi, Anda tak perlu berlama-lama menunggu waktu untuk mengisi tubuh kembali dengan cairan yang banyak habis saat sedang berolahraga. Ketika sudah lelah berolahraga dan merasa kehausan, Anda bisa langsung meminum air putih karena sudah waktunya untuk berbuka puasa.

2. Olahraga ringan

Olahraga saat puasa - Ist

Olahraga saat puasa – Ist

Saat berpuasa ada baiknya Anda melakukan olahraga yang ringan-ringan saja asalkan tetap mengeluarkan keringat. Jangan memaksakan tubuh untuk melakukan olahraga berat karena energi bisa terkuras habis sehingga membuat Anda lemas.

Olahraga ringan yang bisa Anda lakukan, seperti bersepeda, lari sore atau pagi hari, senam, dan olahraga lainnya. Persingkat durasi olahraga agar tak membuat Anda terlalu lelah. Selain itu, jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan untuk menghindari cedera dan nyeri otot.

3. Lakukan secara teratur

Biasakan untuk tetap rajin berolahraga walaupun sedang berpuasa. Namun, Anda bisa mengurangi durasinya. Misalnya, pada hari biasa Anda biasa berolahraga seminggu 3 kali dengan waktu 2 jam. Namun pada saat puasa bisa dikurangi menjadi 30 menit saja. Olahraga rutin akan membuat metabolisme tubuh Anda menjadi lebih teratur sehingga tubuh tetap segar dan bugar walau berpuasa.

Itulah cara berolahraga saat berpuasa. Pada saat berpuasa, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah karena makanan berserat itu memberikan tenaga lebih banyak dan tahan lama pada tubuh. Jika ingin tidak lemas saat berpuasa, maka Anda harus tetap aktif bergerak. Dengan begitu, tubuh akan tetap sehat. Selamat menjalankan ibadah puasa. (NR)

Comment di sini