Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

by
July 12th, 2013 at 10:16 am

CiriCara.com – Sejumlah umat muslim yang sedang menjalankan puasa, mungkin pernah merasa tidak enak pada mulutnya, seperti terasa pahit dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Pernahkah Anda mengalami hal tersebut saat sedang berpuasa?

Mencegah bau mulut saat puasa - Ist

Mencegah bau mulut saat puasa – Ist

Dilansir dari Wolipop.Detik.com, dr. Phaidon L. Toruan, praktisi gaya hidup sehat mengatakan bahwa saat berpuasa otomatis kita kurang mengonsumsi karbohidrat dan cadangan makanan dalam tubuh bekrang, Karena kekurangan karbohidrat, tubuh akan membakar lemak sebagai energi. Proses pemecahan lemak tinggi menghasilkan ketone dan zat itulah yang membuat bau pada mulut.

Bau mulut itu terkadang menjadi tidak percaya diri ketika berbicara. Tapi jangan khawatir, ada cara untuk mencegah atau meminimalisir bau mulut saat sedang puasa. Bagaimana caranya?

Dilansir dari beberapa sumber kesehatan, berikut cara mencegah bau mulut saat puasa:

1. Periksa kesehatan gigi dan mulut

Ada baiknya sebelum menjalankan ibadah puasa, Anda memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi. Jika terdapat gangguan padamulut dan gigi, maka bisa segera diatasi. Ketahuilah bahwa gangguan pada mulut itu bisa menimbulkan bau mulut meskipun Anda sudah menyikat gigi.

2. Rajin menggosok gigi

Walaupun sedang berpuasa, namun Anda harus tetap rajin menggosok gigi. Hukum menggosok gigi saat berpuasa adalah makruh. Tapi, ada waktu yang tepat dan mengharuskan Anda untuk menggosok gigi agar tidak bau mulut yaitu setelah sahur, selepas berbuka puasa, dan sebelum tidur.

Mengonsumsi buah-buahan - Ist

Mengonsumsi buah-buahan – Ist

Baca juga: Bolehkah menggosok gigi saat puasa?

3. Memperbanyak mengonsumsi makanan berserat tinggi

Cara lain untuk mencegah bau mulut saat puasa yaitu memperbanyak mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti segala jenis sayuran dan buah-buahan. Menurut salah satu ahli gizi, apel, wortel, dan seledri bisa melawan bau mulut. Anda bisa menggabungkan ketiga jenis sayuran dan buah tersebut menjadi jus.

4. Mengonsumsi yoghurt

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan yoghurt setiap hari bisa mengurangi tingkat penyebab bau mulut. Hal ini dikarenakan yoghurt bisa menyingkirkan bakteri. Plak pada mulut serta penyakit gusi juga bisa berkurang. Namun, pastikan nda memilih yoghurt yang tidak memiliki rasa dan tanpa gula. Anda bisa mengonsumsinya pada waktu sahur dan berbuka puasa.

Itulah cara mencegah bau mulut saat puasa. Selain itu, jangan lupa juga untuk meminum air putih setidaknya 2 liter perhari walaupun sedang berpuasa. Dengan begitu, setidaknya Anda bisa mengurangi bau mulut saat puasa. Saat berbicara dengan siapapun, Anda jadi lebih percaya diri. Selamat berpuasa.

Baca juga: Cara mengatasi bau mulut saat puasa.

(NR)

Comment di sini