Kabur dari Lapas Tanjung Gusta, Seorang Napi Akhirnya Kembali

by
July 12th, 2013 at 1:54 pm

Medan (CiriCara.com) – Segelintir kisah drama terjadi dalam kasus kerusuhan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Kota Medan, Sumatera Utara. Salah satu narapidana yang kabur dari Lapas tersebut akhirnya menyerahkan diri kembali setelah bertemu keluarga.

Lapas Tanjung Gusta Terbakar / Tribunnews

Lapas Tanjung Gusta Terbakar / Tribunnews

Namun karena kondisi lapas masih kurang kondusif maka ia dibawa ke Rumah Tahanan (Rutan) Tanjung Gusta. Diberitakan oleh Detik.com, napi yang menyerahkan diri tersebut bernama Saro (51) yang merupakan warga kawasan Gaperta, Medan. Ia diantar oleh ibu dan anaknya untuk kembali ke lapas hari ini, Jumat 12 Juli 2013.

Napi berumur 51 tersebut mengaku kabur dari pintu utama di bagian depan karena merasa ada kesempatan. Saro kembali menyerahkan diri karena sudah bisa bertemu dengan keluarga yang sudah lama dirindukannya. Keluarga juga mendorong Saro untuk kembali ke lapas.

Tony Nainggolan selaku Kepala Rutan Tanjung Gusta membenarkan bahwa Saro kembali menyerahkan diri ke polisi. Untuk sementara ia akan ditempatkan di Rutan Tanjung Gusta di dekat lapas sampai kondisi benar-benar pulih. Saro adalah terpidana kasus narkoba yang sudah menjalani 6 tahun dari total 15 tahun hukuman.

Kerusuhan yang terjadi di lapas Tanjung Gusta ditengarai akibat pasokan air yang tersendat karena matinya arus listrik. Lapas yang dihuni oleh ribuan tahanan tersebut memanas akibat bentrok yang terjadi antar kelompok.

Karena marah maka para napi membakar lapas. Dari insiden itu, tercatat 150 napi kabur dan beberapa orang tewas. Sampai saat ini, baru sekitar, 55 orang napi yang berhasil ditangkap. Sementara itu sisanya masih menjadi perburuan polisi. (RN)

Comment di sini