Kabur, Napi Lapas Tanjung Gusta Buat Khawatir Warga Medan

by
July 12th, 2013 at 11:09 am

Medan (CiriCara.com) – Ratusan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanjung Gusta mengamuk dan saling bentrok lantaran listrik mati dan pasokan air tersendat.

Lapas Tanjung Gusta terbakar / VIVAnews

Lapas Tanjung Gusta terbakar / VIVAnews

Dari bentrok itulah, para napi kemudian membakar lapas kelas 1 yang berada di kota Medan tersebut. Tidak hanya membakar, ratusan napi tercata telah kabur meninggalkan lokasi lapas tersebut.

Peristiwa yang terjadi pada hari kedua di bulan Ramadan ini tentu saja membuat warga di sekitar lokasi lapas menjadi ketakutan. Pasalnya, para napi yang kabur belum juga ditemukan sampai siang ini.

Warga semakin takut karena kabarnya ada beberapa napi kabur yang bersembunyi di sekitar rumah warga. Diberitakan oleh Merdeka.com, ketakutan ini dialami oleh warga yang bermukim di Helvetia, kawasan di sekitar Tanjung Gusta.

Sementara itu, hingga Jumat siang ini, 12 Juli 2013, api yang membakar Lapas Tanjung Gusta belum juga padam. Suasana masih mencekam seperti kemarin sehingga warga semakin takut untuk keluar rumah. Petugas pemadam kebakaran masih sibuk memadamkan api saat ini dan ratusan polisi turut berjaga-jaga di sekitar lokasi.

Diduga kuat penyebab utama dari kerusuhan itu adalah pasokan air yang macet karena listrik padam dalam waktu yang lama sehingga ribuan napi yang berada di lokasi itu menjadi bentrok.

Namun menurut Komjen Pol Sutarman selaku Kepala Badan Reserse Polri, teroris diduga turut berperan dalam kerusuhan dan pembakaran yang terjadi di Lapas Tanjung Gusta tersebut. Hal ini disebabkan karena ada sekitar 12 orang tersangka kasus terorisme ikut ditahan di lapas tersebut. (RN)

Comment di sini