Kronologi Kerusuhan Lapas Tanjung Gusta

by
July 12th, 2013 at 9:00 am

Medan (CiriCara.com) – Meski masih simpang siur, ada sejumlah pihak yang menengarai bahwa kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan pada hari Kamis, 11 Juli 2013 dilatarbelakangi oleh permasalahan listrik.

Kerusuhan Lapas Tanjung Gusta, Medan / Tribunnews

Kerusuhan Lapas Tanjung Gusta, Medan / Tribunnews

Dilansir dari Liputan6.com, berdasarkan keterangan dari Kementerian Hukum dan HAM, kerusuhan di Lapas tersebut berawal dari padamnya listrik yang terjadi pada siang hari. Akibat kerusuhan yang tak terkendali di dalam Lapas maka sejumlah narapidana melarikan diri.

Listrik yang padam mengakibatkan pasokan air berkurang sehingga narapidana kesal dan saling bentrok lalu membakar lapas.

“Informasi awal, kerusuhan disebabkan sejak pagi hari ini listrik padam dan menyebabkan sulitnya supply air,” kata Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana, Kamis, 11 Juli 2013 kepada sumber berita.

Petugas sempat menyalakan genset untuk memberi pasokan listrik bagi narapidana. Meski listrik sudah dinyalakan namun bentrokan terlanjur terjadi.

Napi yang marah lalu nekat membakar lapas dan merusaknya. Kemudian, karena penjagaan yang lengah, sejumlah napi berhasil melarikan diri. Hingga saat ini belum diketahui jumlah napi yang telah melarikan diri. Menurut catatan ada sekitar 150 napi yang kabur dari lapas tersebut.

Dari Kamis malam hingga Jumat pagi ini, Kemenkumham sudah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan pemadam kebakaran setempat untuk memadamkan api membara  yang masih membakar beberapa bagian lapas.

Keterangan dari Kemekumham ini berbeda dengan keterangan dari Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komjen Pol Sutarman, yang mengatakan bahwa aksi itu dilatarbelakangi oleh tindakan terorisme karena 12 dari 200 napi yang kabur tersebut memang terkait dengan kasus terorisme. (RN)

Comment di sini