Kuasai Lapas Tanjung Gusta, Napi: Polisi Pulang Saja

by
July 12th, 2013 at 10:33 am
Narapidana (Napi) - Ist

Narapidana (Napi) – Ist

Medan (CiriCara.com) – Gara-gara pemadaman listrik dan pasokan air habis, narapidana (napi) nekat melakukan aksi rusuh dan membakar lapas Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Aksi ini terjadi pada Kamis (11/7/2013) sore, menjelang buka puasa.

Setelah sukses membakar lapas Tanjung Gusta, para napi pun melakukan aksi penyerangan terhadap polisi yang berjaga di luar lapas. Mereka melempari polisi dengan botol yang didapat dari dalam lapas.

Aksi penyerangan tersebut baru mereda pada dini hari tadi. Menurut kabar terbaru, ada 5 orang yang tewas akibat aksi rusuh tersebut. Dua korban tewas diketahui merupakan sipir dari lapas Tanjung Gusta, Medan.

Jumat (12/7/2013) pagi ini, kondisi di lapas Tanjung Gusta sudah mulai kondusif. Terlihat sejumlah napi muncul dan berkumpul di bagian depan lapas. Mereka terlihat sangat santai dan senyum-senyum seperti tidak terjadi apa-apa.

Seperti diberitakan dari detik.com, hingga saat ini area lapas Tanjung Gusta memang masih dikuasai oleh para napi yang jumlahnya mencapai 2 ribuan orang. Petugas gabungan dari polisi dan TNI hanya bisa berjaga di luar lapas.

Merasa telah menguasai lapas, sejumlah napi pun sempat meneriaki petugas. Mereka mengejek dan menyuruh polisi serta TNI untuk pulang. “Udah woi, pulang saja sana,” teriak salah satu napi yang kemudian disambut cemooh rekan-rekannya.

Para napi tersebut juga menuntut agar PP 99/2012 tentang pengaturan pemotongan masa tahanan untuk segera direvisi ulang. Mereka menuntut agar napi kasus terorisme, korupsi, dan narkoba bisa mendapatkan pengurangan masa tahanan.

Sementara itu, ratusan napi yang kabur saat ini masih dalam pengejaran petugas. Baru 10 napi yang berhasil ditangkap oleh petugas, satu diantaranya diketahui merupakan tahanan dari kasus terorisme.

(YG)

Comment di sini