Lapas Tanjung Gusta Rusuh, 150 Napi Kabur

by
July 12th, 2013 at 10:12 am

Medan (CiriCara.com) – Akibat listrik yang padam maka narapidana yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara rusuh pada hari Kamis, 11 Juli 2013 malam kemarin.

Lapas Tanjung Gusta / Republika

Lapas Tanjung Gusta / Republika

Dilansir dari Kompas.com, sebanyak 150 narapidana di Lapas Kelas I tersebut melarikan diri sekitar pukul 18.30 WIB karena lengahnya penjagaan.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Humas Direkotrat Jenderal Pemasyarakatan, Akbar Hadi, sekitar 150 narapidana berhasil menerobos keluar lewat pintu portir lapas.

Sedangkan sebagian napi lainnya telah membakar gedung perkantoran dan juga menyandera sekitar 15 petugas lapas.

Penyebab rusuhnya lapas di Medan ini masih diselidiki. Ada dugaan kuat tentang aksi terorisme dalam pembakaran lapas Tanjung Gusta mengingat ada 12 orang napi terkait kasus terorisme yang disandera di lapas tersebut.

Namun menurut Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) aksi pembakaran lapas tersebut dilatarbelakangi oleh insiden matinya listrik sehingga pasokan air ikut berkurang.

Bentrokan yang terjadi antar napi tersebut menyebabkan lapas yang dihuni oleh sekitar 2.400 orang napi mengalami kerusuhan dan 150 orang kabur. Kepala Lapas sudah berkoordinasi dengan pihak pengamanan setempat untuk mencegah hal-hal yang tidak diingikan terjadi di sekitar  lokasi lapas karena sejumlah besar napi yang kabur belum ditemukan hingga sekarang. (RN)

Comment di sini