Penyebab Kerusuhan Lapas Tanjung Gusta

by
July 12th, 2013 at 9:20 am
lapas tanjung gusta medan, lapas tanjung gusta rusuh

Lapas Tanjung Gusta, Medan Terbakar – Tribunnews.com

Medan (CiriCara.com) – Kerusuhan dan kebakaran terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas I Tanjung Gusta, Medan, Kamis (11/7/2013) malam. Ratusan narapidana pun dikabarkan kabur. Saat ini sejumlah polisi dan tentara tengah melakukan pengejaran.

Kerusuhan di lapas Tanjung Gusta tersebut dipicu akibat pemadaman listrik dan habisnya persediaan air. Menurut Kepala Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Komisaris Besar Heru Prakoso, air di lapas Tanjung Gusta sudah habis sejak Kamis, (11/7/2013) pagi.

Pada sore harinya, para tahanan dan narapidana pun mulai resah dan berontak karena listrik tak kunjung menyala. Saat semua orang mempersiapkan menu buka puasa, salah satu narapidana malah melakukan aksi pembakaran kertas dan barang-barang di lapas yang mudah terbakar.

Tak lama, sejumlah narapidana lainnya pun ikut membakar ruang kantor sipir. Sehingga terjadilah kebakaran besar di lapas Tanjung Gusti. Diperkirakan ada ratusan narapidana yang memanfaatkan insiden kebakaran tersebut untuk kabur.

Pada Kamis malam, sejumlah narapidana pun melakukan penyerangan terhadap sejumlah polisi dan tentara. Mereka melempari polisi dengan sejumlah botol dari dalam lapas. Menurut kabar yang berbedar, ada empat orang tewas dalam insiden ini.

Sementara itu, sejumlah tahanan teroris diduga ikut melarikan diri dari lapas. Menurut Kepala Polda Sumatera Utara Inspektur Jenderal Syarief Gunawan, pihaknya telah mengerahkan sejumlah petugas untuk melakukan pengejaran.

“Sejumlah Kapolres sudah saya perintahkan bergerak untuk menyekat pelarian para narapidana,” kata Syarief, seperti dikutip dari Tempo.co, Jumat (12/7/2013).

Ada kabar yang menyebutkan bahwa pihak polisi sudah berhasil menangkap satu tahanan yang diduga merupakan teroris yang kabur. Lapas Tanjung Gusta sendiri diketahui menampung narapidana sebanyak 2.599 orang.

Saat ini, sekitar 700 petugas gabungan polisi dan tentara masih berjaga di lapas Tanjung Gusta, Medan. Api sudah bisa dipadamkan dengan bantuan 15 unit mobil pemadam kebakaran.

(YG)

Comment di sini