Cara Berinvestasi ala Orang Terkaya di Dunia

by
July 15th, 2013 at 1:53 pm

CiriCara.com – Sejumlah orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan selain gaji biasanya akan berinvestasi. Selain itu, mereka yang tak mau bekerja dengan orang lain biasanya juga lebih menyukai berinvestasi. Bentuk investasi bermacam-macam, seperti membeli emas, tabungan pendidikan, investasi properti, dan bermain saham.

Baca juga: Cara tepat untuk berinvestasi.

Warren Buffett - Kootation

Warren Buffett – Kootation

Dengan berinvestasi, mungkin saja Anda bisa menjadi seseorang yang sukses di masa yang akan datang. Salah satu seorang miliarder yang meraih kesuksesannya dalam berinvestasi adalah Warren Edward Buffett. Pria yang kerap disapa Warren Buffett ini telah mengumpulkan kekayaan yang sangat besar dari kecerdikannya berinvestasi melalui perusahaannya Berkshire Hathaway, di mana dirinya memegang 38% saham.

Pria yang memiliki julukan Oracle of Omaha ini seringkali memberikan tips-tips berinvestasi di media elektronik, cetak, online, maupun sosial. Dilansir dari Bisniskeuangan.Kompas.com yang dirangkum dari Businessinsider.com, berikut cara berinvestasi ala orang terkaya di dunia:

1. Membeli perusahaan dengan harga yang tepat

Jauh lebih penting baginya untuk membeli perusahaan yang bagus di harga yang wajar daripada membeli dengan harga yang tinggi.

2. Tidak perlu jenius

Untuk menjadi seorang investor, Anda tak perlu menjadi ilmuwan yang memahami segala seluk beluk investasi. Investasi bukanlah sebuah permainan yang memiliki iQ tinggi bisa mengalahkan IQ yang rendah. Untuk berinvestasi, Anda hanya perlu mengerti dan paham tentang pasar, portofolio, dan seluk beluk perusahaannya.

3. Memperhatikan perusahaan

Jangan membeli saham hanya karena orang lain membencinya. Anda harus memikirkan baik-baik saham tersebut ketika ingin membeli. Anda harus melihat portofolio perusahaan dan potensi pasarnya.

4. Beli saat perusahaan itu bermasalah

Menurutnya, waktu yang terbaik beli perusahaan adalah saat perusahaan itu memiliki masalah.

5. Jangan tertipu dengan keuntungan besar

Ketahuilah bahwa garis antara investasi dan spekulasi itu tidak berbeda jauh. Namun, garis itu tidak pernah terang dan jelas.

6. Berpikir jangka panjang

Investor berpikir jangka panjang, sedangkan spekulan adalah investor jangka pendek. Untuk itu, berinvestasilah minimal 5 tahun, 10 tahun, atau di atas 25 tahun.

7. Membeli bisnis yang dijalankan mudah

Jika ingin membeli saham, maka belilah saham atau investasi yang mudah dijalankan, bahkan oleh orang idiot sekalipun. Cepat atau lambat investasi yang seperti itu akan membuahkan hasil untuk diri Anda sendiri.

8. Memegang investasi

Pada saat Anda memiliki porsi investasi bisnis yang bagus dengan manajemen yang bagus, maka cara tebaiknya adalah memegang investasi tersebut selamanya.

9. Tak harus pindah saat ada kesempatan

Pasar saham adalah permainan. Untuk itu, Anda tak harus berpindah portofolio saat harga saham jatuh. Anda lebih baik menunggu atau berkonsultasi denhan manajer keuangan Anda.

10. Bisa membedakan antara kegembiraan dan biaya

Seorang investor harus bisa membedakan antara kegembiraan dan biaya yang harus ditanggung saat membeli investasi. Namun, ketahuilah bahwa dua hal tersebut merupakan musuh saat berinvestasi. Tipsnya, Anda harus menjadi takut saat orang lain serakah. Namun, serakahlah hanya ketika orang lain takut.

Itulah 10 cara berinvestasi ala orang terkaya di dunia. Bagaimana, Anda mau memulai untuk berinvestasi saat ini?

Baca juga: Cara aman berinvestasi emas.

(NR)

Comment di sini