Cara Mencegah Sakit Kepala Selama Berpuasa

by
July 15th, 2013 at 4:22 pm

CiriCara.com – Merasakan sakit pada kepala pada saat sedang berpuasa? Sakit kepala merupakan penyait yang sering dialami sejmlah orang, terlebih baigi yang sedang menjalankan ibadah puasa. Sakit kepala yang melanda tentunya bisa mengganggu aktivitas yang dilakukan.

Sakit kepala - Ist

Sakit kepala – Ist

Lalu, apakah perlu membatalkan puasa saat sedang sakit kepala?

Dilansir dari Indiatimes.com, Dr Farouk Haffejee dari Islam Medical Association of South Africa mengatakan bahwa sebenarnya sakit kepala bisa disembuhkan tanpa harus membatalkan puasa. Namun, Anda harus mengetahui dahulu penyebabnya.

Baca juga: Cara mudah mengatasi sakit kepala berdasarkan jenisnya.

Apa saja penyebab sakit kepala saat puasa?

Penyebab seseorang sakit kepala saat sedang berpuasa, antara lain kurang tidur dan istirahat serta merasa lapar. Namun sebenarnya, rasa sakit kepala itu bisa dicegah. Sakit kepala bisa tidak Anda rasakan asalkan memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Berikut cara mencegah sakit kepala selama puasa:

1. Tidak tidur larut malam

Pada saat puasa, tentunya Anda akan melakukan makan sahur. Dengan makan sahur, tentunya waktu tidur Anda jadi terpotong. Kurang tidur bisa membuat Anda merasa lemas dan sakit kepala menyerang. Untuk itu, selama berpuasa pastikan Anda selalu tidur 7-8 jam per harinya sehingga tubuh tidak terlalu kelelahan.

2. Luangkan waktu untuk tidur siang

Untuk mencegah sakit kepala selama berpuasa, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk tidur siang selama 15 – 20 menit. Dengan begitu tubuh terbantu istirahat dan lebih segar.

3. Pilih menu yang tepat untuk sahur

Mengonsumsi buah dan sayur - Ist

Mengonsumsi buah dan sayur – Ist

Sakit kepala bisa saja disebabkan karena Anda merasa lapar. Untuk mencegah hal ini terjadnya, sebaiknya saat sahur Anda harus memilih menu makanan yang mengandung nutrisi. Pilihlah menu yang memiliki nutrisi serta membuat tubuh kenyang lebih lama. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan agar tubuh tidak dehidrasi.

Baca juga: Cara makan sahur agar tidak cepat lapar.

4. Kurangi mengonsumsi kafein

Teh dan kopi merupakan minuman yang mengandng cukup tinggi kafein. Selama berpuasa, Anda disarankan untuk mengurangi kedua minuman tersebut. Jika terlalu sering meminumnya, maka bisa membuat Anda merasa lemas bahkan sait kepala.

Itulah cara mencegah sakit kepala selama berpuasa. Selama berpuasa, ada baiknya Anda melakukan tips tersebut. Dengan begitu, sakit kepala tidak akan Anda alami dan puasa menjadi lancar. Selamat berpuasa. (NR)

Comment di sini