Cara Mudah Meredakan Emosi Saat Puasa

by
July 15th, 2013 at 3:47 pm
Emosi saat sedang puasa - Ist

Emosi saat sedang puasa – Ist

CiriCara.com – Berpuasa bukan hanya menahan rasa haus dan lapar saja, tapi juga Anda harus bisa menahan emosi. Jangan sampai kemarahan dan emosi lainnya itu muncul saat Anda sedang menjalankan ibadah puasa. Hal tersebut tentunya bisa mengurangi pahala puasa Anda.

Baca juga: Hal-hal yang mengurangi pahala puasa.

Jika ada sesuatu hal yang memancing emosi Anda, maka harus lebih sabar menghadapinya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa mengendalikan emosi saat sedang berpuasa. Bagaimana caranya?

Berikut cara mudah meredakan emosi saat sedang puasa:

1. Menarik napas

Selama menjalankan ibadah puasa, tak selamanya ada hal-hal yang membuat Anda senang. Terkadang, ada saja hari di mana emosi Anda terpancing. Namun, saat sedang puasa sebaiknya kendalikan marah itu dengan cara menarik napas selama kurang lebih 10 detik. Lalu, Anda bisa membuang napas secara perlahan sambil membaca istighfar.

2. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik - Ist

Mendengarkan musik – Ist

Terjebak macet terkadang memancing emosi Anda saat sedang berpuasa. Sebaiknya, jangan luapkan emosi itu. Anda harus bisa mengendalikannya dengan cara mendengarkan musik yang bersemangat dan riang gembira. Mendengarkan musik tentunya bisa membuat suasana hati Anda lebih baik. Selain itu, cara ini juga bisa Anda lakukan ketika kesal di kantor ataupun di rumah.

3. Mencium wewangian

Ketika merasa emosi ingin meledak, sebaiknya Anda segera mencium wewangian. Wewangian yang bisabAnda cium yaitu aroma jeruk. Aroma jeruk sangat segar dan menenangkan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa mencium aroma jeruk bisa meredakan emosi. Dengan begitu, rasa cemas Anda akan berkurang dan bisa kembali berkonsentrasi lagi.

Itulah cara mudah meredakan emosi saat puasa. Ketika menjalankan puasa sebaiknya jangan sampai Anda merasa dehidrasi. Kekurangan cairan berpotensi untuk memicu emosi dan membuat seseorang mudah marah. Untuk itu, Anda harus perbanyak meminum air putih pada saat sahur dan berbuka puasa. Tetaplah meminum air putih 2 liter per hari walaupun Anda sedang berpuasa.

Baca juga: Cara agar tidak mudah terpancing emosi.

(NR)

Comment di sini