MUI: Tradisi Asmara Subuh Saat Puasa Haram

by
July 15th, 2013 at 10:42 am
Asmara Subuh - Ist

Asmara Subuh – Ist

Jakarta (CiriCara.com) – Bulan Ramadan adalah kesempatan untuk memperbanyak amal ibadah, baik itu salat ataupun tadarus Alquran. Namun tak jarang yang memanfaatkan bulan Ramadan ini untuk melakukan kegiatan yang tidak baik, salah satunya asmara subuh.

Pada bulan Ramadan, sering dijumpai para remaja yang bermesraan (pacaran) usai salat subuh atau biasa disebut asmara subuh. Kegiatan yang dilakukan oleh muda-mudi bukan muhrim ini pun membuat Majelis Ulama Indonesia (MUI) angkat bicara.

Menurut Ketua MUI Dumai Lukman Syarif, Islam mengharamkan kegiatan asmara subuh. Lukman menilai, tradisi para remaja tersebut sudah menyimpang dari ajaran agama Islam. “Itu memalukan. Islam mengharamkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ustadz Abdul Ghofar pun sependapat dengan MUI. Menurut dia, kegiatan asmara subuh itu bisa dikategorikan sebagai tradisi menyimpang masyarakat. Pasalnya, kegiatan tersebut sering dimanfaatkan muda-mudi bukan muhrim untuk melakukan hal negatif.

“Asmara subuh itu bukan hal yang mustahil menyebabkan terjadinya interaksi seksual,” kata Ghofar, seperti dikutip dari Merdeka.com, Senin (15/7/2013).

Ghofar juga menjelaskan bahwa kegiatan asmara subuh itu bisa saja membatalkan puasa. Apalagi jika muda-mudi yang bukan muhrim itu sudah mulai berani bersentuhan tangan atau melakukan kontak fisik lainnya.

Selain itu, menurut Ghofar, kegiatan asmara subuh juga sering diwarnai aksi kekerasan. Para remaja yang melakukan jalan-jalan usai salat subuh bisa saja terlibat tawuran dan aksi onar lainnya. Jelas hal ini akan merugikan masyarakat.

Berkaitan dengan hal itu, Ghofar pun meminta agar para orangtua lebih ketat lagi dalam melakukan pengawasan terhadap anaknya. Apalagi, jika anak tersebut izin untuk keluar rumah setelah salat subuh. “Peran orangtua dan ulama sangat penting,” ujarnya.

Ghofar mengimbau agar para remaja mengisi waktu liburan dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, seperti kuliah subuh ataupun tadarus. Ghofar pun meminta agar sosialisasi haramnya asmara subuh lebih ditingkatkan agar masyarakat bisa tahu.

(YG)

Comment di sini