Redenominasi Rupiah Akan Dimulai Awal Januari 2014

by
July 15th, 2013 at 3:37 pm

redenominasi rupiahJakarta (CiriCara.com) – Jadi, kapan usulan redenominasi mata uang rupiah akan disahkan?

Pertanyaan seperti itu mungkin muncul dalam benak segenap masyarakat Indonesia yang terkena imbas panasnya isu redenominasi mata uang Indonesia beberapa waktu lalu.

Rupanya usulan ini tidak sama seperti usulan kebijakan baru lainnya yang timbul kemudian tenggelam. Diberitakan oleh Detik.com, pemerintah dengan DPR sedang bersiap untuk menbahas tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) Redenominasi. RUU ini nantinya akan bernama ‘Perubahan Harga Rupiah‘ yang akan diselesaikan pada tahun 2013 ini.

Dalam RUU ini, waktu pelaksanaan proses penyederhanaan rupiah rencananya akan dimulai sejak 1 Januari 2014 nanti.

“Jadi nanti jika telah disahkan menjadi Undang-undang redenominasi akan dimulai pada 1 Januari 2014,” ungkap anggota Pansus Redenominasi, Arif Budimanta kepada sumber berita, Senin, 15 Juli 2013.

RUU tersebut baru akan diselidiki lebih lanjut karena belum jelas arah tujuannya. Dalam penyelidikan lebih lanjut akan dibahas tentang tentang pelaksanaan, tata cara, dan tata waktu redenominasi yang belum tentu dipahami oleh masyarakat.

Namun berbeda dengan pendapat Arif, pihak Kemeterian Keuangan (Kemenkeu) optimis bahwa kebijakan redenominasi ini akan mudah dipahami oleh masyarakat awam karena mereka sudah lama mengenal mata uang asing dengan baik.

Usulan redenominasi mata uang rupiah ini muncul sejak akhir tahun 2012 lalu. Redenominasi sendiri adalah penyederhanaan rupiah tanpa mengurangi nilainya. Dengan artian angka nol yang selama ini dianggap terlalu banyak akan dihilangkan. Misalnya saja 3 angka nol dari Rp. 1.000 akan dihilangkan menjadi Rp. 1 namun nilai jualnya tetap sama. (RN)

Comment di sini