Tidur Saat Sedang Berpuasa Itu Ibadah?

by
July 15th, 2013 at 4:54 pm

(Jakarta) CiriCara.com – Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Segala ibadah dan kegiatan amal yang dilakukan umat muslim pahalanya akan dilipatgandakan. Bahkan, banyak orang yang mengatakan bahwa tidurnya orang yang sedang berpuasa itu adalah ibadah.

Tidur di masjid - Ist

Tidur di masjid – Ist

Benarkah perkataan itu?

Mendengar hal tersebut mendorong sebagian umat muslim untuk tidur siang di bulan Ramadan dengan dalih ingin beribadah dan mendapatkan pahala. Biasanya, setiap bulan Ramadan masjid dibanjiri beberapa jamaah yang beristirahat atau tidur siang. Hal tersebut biasanya dilakukan selepas salat zuhur.

Baca juga: Hari pertama puasa, banyak warga tidur di masjid.

Dilansir dari Republika.co.id, dalam kitab Ihya’ Ulumuddin karangan Imam Al Ghazali jilid 1 halaman 242. dari Abdullah bin Abi Aufa radhiallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Tidurnya orang yang berpuasa itu ibadah, diamnya adalah tasbih, doanya dikabulkan, dan amalnya dilipatgandakan.” (HR. Al-Baihaqi dalam kitab Syu’abul Iman).

Sementara itu, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr Din Syamsudin mengatakan bahwa secara konteksnya tidur saat sedang berpuasa bisa dikatakan ibadah ketika yang berpuasa memang ingin beristirahat.

“Jadi mereka memang benar-benar dalam suasana ingin tidur. Bukan mengada-adakan tidur,” katanya kepada wartawan Republika.

Pada saat sedang menjalankan ibadah puasa, seseorang memang merasa dahaga dan lapar sehingga membuatnya ingin tidur. Akan tetapi, jangan selalu menuruti hal tersebut. Masih ada banyak hal lain yang lebih bermanfaat selama bulan Ramadan, seperti berzikir, tadarus, atau melakukan aktivitas lainnya.

Jadi, walaupun tidur itu termasuk ibadah, namun Anda tak boleh tidur sepanjang hari apalagi sampai melupakan waktu salat. Ketahuilah bahwa agama islam tak menyuruh umatnya untuk bermalas-malasan atau tidur sepanjang hari di bulan Ramadan

Baca juga: Pelajari hukum tidur saat puasa.

(NR)

Comment di sini