5 Manfaat Utama Membaca Alquran

by
July 16th, 2013 at 11:26 am

CiriCara.com – Alquran sebagai wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada Baginda Nabi besar Muhammad SAW yang menjadi pedoman bagi setiap umat manusia. Jika suatu buku memiliki suatu nilai manfaat dari setiap isinya, maka Alquran banyak memiliki manfaat dan menjadi tuntunan hidup atau pegangan manusia.

Membaca Alquran - Ist

Membaca Alquran – Ist

Umat muslim disarankan agar menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup guna menunjukkan kepada jalan kebaikan dan kebenaran. Selain itu, berpegang teguh pada Alquran guna menyelamatkan Anda di dunia dan akhiat.

Alquran memiliki keistimewaan bagi setiap orang yang membacanya. Bahkan, dalam sabda Rasulullah SAW yang berbunyi, “Ibadah yang paling istimewa adalah membaca Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.” Keistimewaan Alquran mampu membuat hidup manusia menjadi lebih aman dan tentram.

Selain itu, ada banyak hikmah juga yang bisa didapat oleh orang-orang yang membaca Alquran. Apa saja? Berikut 5 manfaat utama membaca Alquran:

1. Mendapat pahala sangat banyak

Satu huruf di dalam Alquran diberi balasan dengan sepuluh kebajikan sebagaimana diriwayatkan oleh Iman A-Tirmidzi dalam sebuah hadis Rasulullah SAW. Menurut sebuah literatur, huruf dalam Alquran terdapat 325.015. Seseorang yang satu kali khatam Alquran bisa mendapatkan nilai pahala kebajikan kelipatan sepuluh yaitu 3.250.150. Untuk mendapatkan itu, namun Anda harus sering-sering membacanya.

2. Mengangkat derajat

Baca Alquran - Ist

Baca Alquran – Ist

Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang selalu membaca Alquran, mempelajari isi kandungannya, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ketahuilah bahwa orang-orang yang sering membaca Alquran itu berarti selalu dekat dengan Allah. Bahkan, membaca Alquran merupakan bercakap-cakap dengan Allah SWT.

3. Mendapat ketenangan jiwa

Setiap ayat Alquran yang dibaca akan mendatangkan ketenangan dan ketentraman. Sebagaimana diterangkan dalam Surah Al-Isra ayat 82, “Alquran diturunkan Allah SWT untuk menjadi obat segala macam penyakit kejiwaan sehingga para pembaca Alquran, bahkan orang yang mendengarkan bacaannya mendapatkan ketenangan jiwa.”

4. Mendapat pertolongan di hari kiamat

Dalam hadis Rasulullah yang diriwayatkan Imam Muslim, “Bacalah Alquran oleh kamu sekalian, karena bacaan Alquran yang dibaca ketika hidup di dunia ini akan menjadi syaat atau penolong bagi para pembacanya di hari kiamat nanti.” Untuk itu, perbanyaklah membaca Alquran ketika Anda masih mampu membacanya agar mendapat pertolongan di hari kiamat nanti.

5. Terbebas dari aduan Rasulullah SAW

Manfaat utama yang kelima adalah terbebas dari aduan Rasulullah SAW pada hari kiamat nanti. Di mana ada beberapa manusia yang diadukan Rasulullah SAW pada hari kiamat di hadapan Allah SWT.

Itulah manfaat utama membaca Alquran. Jadi, mulai saat ini perbanyaklah membaca Alquran. Jika Anda masih mampu, maka perdalamlah segala ajaran yang diperintahkan oleh Allah SWT. Apalagi selama bulan Ramadan ini, daripada Anda menghabiskan waktu untuk menonton acara televisi atau hal lainnya, lebih baik membaca Alquran saja. Sering-sering membacanya bisa mengantarkan kemudahan Anda ketika menghadap Allah SWT.

Baca juga: Manfaat salat tarawih selama Ramadan.

(NR)

Comment di sini