Cara Menjaga Berat Badan Selama Puasa

by

CiriCara.com – Sejumlah orang mengeluh bahwa berpuasa membuat berat badannya menjadi naik. Padahal, mereka berpikir bahwa dengan puasa berat badannya bisa menjadi turun atau menjadikan puasa sebagai ajang melangsingkan tubuh sekaligus mencari pahala.

Menjaga berat badan - Ist

Menjaga berat badan – Ist

Berat badan naik setelah menajalankan ibadah puasa bisa saja Anda alami dikarenakan tidak mengontrol makan pada saat sahur dan berbuka puasa. Selain itu, bisa saja dikarenakan kurangnya aktivitas fisik selama berpuasa. Walaupun sedang berpuasa, namun sebaiknya Anda harus aktif bergerak dan bersemangat.

Dilansir dari Duniafitnes.com, Ade Rai mengatakan bahwa puasa merupakan kesempatan emas untuk memegang kendali terhadap lemak yang menumpuk di tubuh. Namun, agar bisa membuang lemak dalam tubuh dan menjaga berat badan selama bepuasa, ada langkah-langkah yang bisa Anda ikuti. Apa saja?

Dilansir dari sumber yang sama, inilah cara menjaga berat badan selama berpuasa:

1. Sahur yang benar

Saat sahur Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya serat dan karbohidrat kompleks dalam porsi yang kecil. Selain itu, jangan lewatkan protein rendah lemak, tepung, serta gula. Anda juga bisa mengonsumsi kacang tanah sangrai di akhir sahur, sekitar 100 gram dnegan 1-2 butir multivitamin. Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar garam, MSG, atau bumbu penyedap tinggi lainnya. Makanan dan minuman tersebut bisa membuat Anda cepat lapar dan haus.

Baca juga: Cara makan sahur agar tidak cepat lapar.

2. Berolahraga sebelum berbuka puasa

Walaupun sedang berpuasa, namun Anda disarankan untuk tetap berolahraga. Lakukanlah olahraga yang ringan saja dan dilakukan 20 menit sebelum berbuka. Anda bisa melakukan aktivitas aerobik dengan intensitas sedang. Dengan begitu, lemak di tubuh Anda bisa berkurang dan berpuasa tidak menambah berat badan.

Baca juga: Cara berolahraga saat berpuasa.

3. Berbuka dengan cara yang benar

Mengonsumsi buah - Ist

Mengonsumsi buah – Ist

Awali berbuka puasa dengan meminum minuman yang hangat, buah kurma atau buah lain. Lima belas menit kemudian, Anda bisa mengonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks, protein, dan sayur-sayuran. Selain itu, Anda juga bisa meminum multivitamin. Pada saat berbuka, ada baiknya membatasi gula yang diasup.

4. Latihan beban setelah salat tarawih

Agar tubuh tetap bugar, Anda bisa latihan beban ringan selama 30-40 menit dan sesuaikan beban dengan kemampuan fisik. Namun, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Anda bisa melakukan 15 kali repetisi beban ringan dan 8-12 kali repetisi beban terberat.

5. Mengonsumsi madu

Setelah latihan, sangat disarankan untuk mengonsumsi madu sebanyak 2-3 sendok makan atau beberapa butir kurma. Selain itu, pastikan juga Anda mengonsumsi cukup air putih sekitar 500 ml – 1 liter selama berolahraga.

6. Sedikit makan sebelum tidur

Ade Rai menyarankan bahwa untuk mengonsumsi makanan seperti menu berbuka puasa sebelum tidur. Namun, porsinya harus kecil agar tak menimbulkan gangguan kesehatan.

Itulah cara menjaga berat badan selama puasa. Selama menjalankan ibadah puasa, sebaiknya jauhi juga kebiasaan buruk, seperti merokok, meminum minuman beralkohol, kurang tidur, dan lain sebagainya. Jika masih melakukan hal tersebut selama puasa, maka Anda kan merasa lemas sepanjang hari dan menimbulkan gangguan kesehatan lain. (NR)


comments powered by Disqus