Foto: Arkeolog Polandia Temukan Kerangka Vampir

by
July 16th, 2013 at 10:32 am

Gliwice (CiriCara.com) – Para arkeolog Polandia berhasil menemukan makam yang diyakini memuat tulang belulang vampir di sebuah desa di dekat kota Gliwice, Polandia.

Kerangka vampir polandia

EPA

Terdapat empat kerangka dengan tengkorak terpisah dalam makam-makam yang ditemukan. Tengkorak dipisahkan dan ditempatkan di antara tulang kaki. Pada Abad Pertengahan, orang yang disangka vampir sering dibunuh dengan cara dipenggal kepalanya.

Masyarakat zaman dulu percaya vampir baru bisa mati jika kepalanya dipisahkan dari tubuhnya.

Usia kerangka masih belum bisa diketahui. Tidak ada jejak barang milik orang yang dimakamkan seperti perhiasan dan sabuk di dalam makam.

“Susah untuk mengetahui kapan makam ini dibuat,” ungkap arkeolog Dr Jacek Pierzak kepada koran Dzienik Zachodni.

Kerangka vampir polandia

EPA

Sisa-sisa kerangka kini tengah diteliti untuk mengetahui usianya, namun diperkirakan orang-orang tersebut meninggal sekitar abad ke 16.

Baca juga: Kerangka Vampir Ditemukan di Bulgaria

Tahun lalu, sekelompok arkeolog menemukan dua kerangka yang dulunya diduga merupakan vampir di Sozopol, Bulgaria. Kedua kerangka yang diperkirakan berumur lebih 800 tahun ditemukan dengan pasak besi menancap di bagian dada.

 

Kerangka vampir polandia

EPA

Kepala museum sejarah nasional Bulgaria, Bozidhar Dimitrov, mengatakan sekitar 100 sisa-sisa mayat vampir telah ditemukan dalam beberapa tahun belakangan ini. Mayat-mayat tersebut mengilustrasikan kegiatan yang umum dilakukan di beberapa desa di Bulgaria hingga awal abad ke20.

Meskipun sudah memasuki zaman digital, masih ada penduduk desa di daerah terpencil di Eropa Timur yang masih meyakini keberadaan vampir. Di dalam rumah, mereka telah menyediakan bawang putih dan pasak untuk berjaga-jaga.

Legenda makhluk penghisap darah sebenarnya ada di sejumlah tradisi kuno, tak hanya di Eropa. Makhluk-makhluk itu selalu digambarkan sebagai makhluk abadi yang tak bisa mati kecuali dibunuh dengan perlakuan khusus.

Vampir diyakini hanya bisa dibinasakan dengan cara menancapkan pasak ke jantungnya atau memenggal kepalanya.

(hp)

Daily Mail

Comment di sini