Syarat Mudik Gratis Kemenhub 2013

by
July 16th, 2013 at 3:29 pm

Jakarta (CiriCara.com)Hari Raya Idul Fitri selalu identik dengan tradisi mudik. Warga kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya akan berbondong-bondong menuju ke daerah tujuan masing-masing untuk bersilaturahmi.

mudik lebaranBerbagai instansi pemerintah maupun swasta ikut menggelar mudik gratis ini dalam rangka meminimalisir angka kecelakaan akibat membludaknya pemudik yang menggunakan motor.

Dari instansi pemerintah, selain PT. Jasa Raharja, ternyata Kementerian Perhubungan juga akan menyelenggarakan mudik gratis. Pendaftaran mudik gratis untuk tahun 2013 mulai dibuka pada tanggal 15 Juli 2013.

Dari Kemenhub mudik gratis bisa melewati bus, kereta api, truk, dan juga kapal. Bus yang disediakan berjumlah 260 buah. Sedangkan transportasi laut bisa memuat 29.000 sepeda motor. Transportasi laut ini terdiri dari kapal laut yang akan membawa 12.000 sepeda motor, kapal penyeberangan untuk mengangkut 6.000 sepeda motor, dan kereta api untuk mengangkut 11.000 sepeda motor.

Apa saja persyaratan yang diperlukan untuk mengikuti mudik gratis kali ini?

Dilansir dari Detik.com, menurut Bambang S. Ervan selaku Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub mengatakan bahwa para pemudik harus memenuhi syarat administratif dan teknis yang telah ditetapkan.

Syarat administratif adalah pemotor memiliki STNK, SIM yang sesuai dengan yang bersangkutan plus KTP untuk pembonceng. Syarat itu difotokopi 2 lembar dan diserahkan ke bagian pendaftaran mudik gratis di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada hari ini, Selasa, 16 Juli 2013.

Sedangkan syarat teknis antara lain:

1. Motor tidak boleh dimodifikasi atau ada asesoris tambahan.
2. Kaca spion wajib dilepas dan dibawa pemilik.
3. Jumlah helm sesuai kebutuhan dibawa pemilik.
4. Motor harus ada standar tengah dan pegangan belakang.
5. Bensin sepeda motor harus dikosongkan saat motor diserahkan. Pemudik akan mendapatkan jatah bensin 1 liter setibanya di tempat tujuan, gratis.
6. Kunci sepeda motor diserahkan ke petugas Kemenhub.

(RN)

Comment di sini