Tunggakan Rekening Listrik Lapas Tanjung Gusta Capai Miliaran Rupiah

by
July 16th, 2013 at 10:09 am

Medan (CiriCara.com) – Kerusuhan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara yang terjadi akhir pekan lalu diawali dengan kasus padamnya listrik di seluruh area lapas.

Karena mati dalam waktu lama maka pasokan air ikut terganggu dan terjadilah bentrok antar penghuni lapas. Meski awal mula masalah itu terlihat sepele namun akibat kerusuhan dalam lapas itu 5 orang tewas dan 150 orang tahanan berhasil kabur.

lapas tanjung gusta medan

Tribunnews

Dilansir dari Merdeka.com, Perusahan Listrik Negara (PLN) yang dituding menjadi dalang masalah tersebut membantah bahwa kerusuhan terjadi karena kesalahannya. Bahkan PLN area Sumatera Utara menuding balik Lapas Tanjung Gusta yang mempunyai tunggakan listrik sebesar Rp. 1,144 miliar.

Fakta ini disampaikan oleh Manager Bidang Niaga PLN Sumut, Bambang Yusuf setelah rapat dengan Pansus Kelistrikan DPRD Sumut di Medan. Menurutnya, Lapas Tanjung Gusta memiliki  dua sambungan listrik yang berkekuatan 53 KVA dan 23 KVA.

Berdasarkan catatan dari PLN, sambungan dengan daya listrik 53 KVA yang terhubung dengan Lapas Tanjung Gusta Medan tersebut telah menunggak rekening listrik selama 13 bulan dengan jumlah Rp. 858 juta. Sementara itu sambungan listrik berkapasitas 23 KVA telah menunggak selama 4 bulan dengan jumlah mencapai Rp. 286 juta. Total dari tunggakan itu mencapai Rp. 1 miliar lebih.

Dyananto selaku General Manager PLN Wilayah Sumut telah menyampaikan pemberitahuan ke pengelola Lapas Tanjung Gusta Medan untuk melunasi tunggakan pembayaran rekening listrik yang tidak sedikit itu. Namun pemberitahuan ini tidak juga diindahkan.

Karena yang menunggak pembayaran adalah Lapas maka PLN tidak dapat mengenakan sanksi secara langsung ke Lapas Tanjung Gusta namun memberitahu terlebih dahulu kepada Kementerian Hukum dan HAM.

Adanya tunggakan listrik hingga miliaran rupiah tersebut sempat menjadi perdebatan di kalangan anggota Pansus Kelistrikan DPRD Sumut dalam rangka membahas kebakaran PLN yang terjadi pada hari Kamis, 11 Juli 2013 malam pekan lalu. (RN)

Comment di sini