Cara Berpuasa Agar Tidak Mudah Lapar

by
July 17th, 2013 at 9:08 am

CiriCara.com – Berpuasa di bulan Ramadan tentunya mengubah kebiasaan makan banyak orang. Biasanya dalam sehari sejumlah orang akan makan sebanyak tiga kali. Dikarenakan sedang berpuasa jadi makan dua kali saja yaitu pada sat sahur dan berbuka puasa.

Ilustrasi lapar saat puasa - Ist

Ilustrasi lapar saat puasa – Ist

Namun ternyata selama menjalankan ibadah puasa banyak orang yang tidak memperhatikan makanan yang diasupnya, bahkan makan lebih banyak dari hari-hari biasanya. Ketahuilah bahwa melakukan hal tersebut bisa membuat Anda menjadi lemas dan sakit.

Menjalankan ibadah puasa bukan hanya sekadar menahan rasa lapar dan dahaga saja. Agar tetap sehat dan puasa terus lancar, Anda perlu memperhatikan asupan gizi atau nutrisi dalam makanan. Mengonsumsi makanan yang benar dan sehat perlu Anda terapkan pada saat sahur dan berbuka puasa.

Baca juga: Cara makan sahur agar tidak cepat lapar.

Dengan mengonsumsi makanan sehat, Anda jadi sehat dan tidak mudah lapar saat puasa. Dilansir Vemale.com, berikut cara makan sahur dan berbuka agar tidak mudah lapar:

1. Mengonsumsi makanan berserat

Mengonsumsi makanan berserat pada saat sahur memberikan rasa kenyang lebih lama dan terhindar dari gangguan pencernaan. Makanan berserat yang bisa Anda konsumsi untuk sahur dan berbuka puasa, antara lain sayur bayam, wortel, sawi, dan sayuran lainnya serta buah-buahan.

2. Mengonsumsi karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti gandum dan beras merah sangat disarankan untuk dikonsumsi pada saat sahur. Makanan tersebut bisa menstabilkan gula darah dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Makan tersebut juga bisa Anda konsumsi untuk berbuka, namun jangan terlalu kenyang karena bisa membuat Anda menjadi lemas dan mengantuk.

3. Jangan mengonsumsi makanan instant dan gorengan

Makanan sehat saat sahur dan berbuka - Ist

Makanan sehat saat sahur dan berbuka – Ist

Sebisa mungkin Anda harus menghindari mengonsumsi makanan instant. Lebih baik masak sendiri saja di rumah. Selain itu, jangan juga terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng karena bisa membuat pencernaan terganggu. Gantilah makanan yang serba digoreng itu dengan makanan kukus atau rebus.

4. Perbanyak mengonsumsi air

Selama berpuasa Anda bisa saja mengalami dehidrasi. Untuk mencegah hal itu terjadi, sebaiknya perbanyaklah mengonsumsi air putih dan buah yang mengandung banyak air, seperti semangka, lemon, blewah, dan timun suri.

5. Jangan terlalu banyak mengonsumsi gula

Sebagian besar orang mengatakan bahwa berbukalah dengan yang manis-manis. Namun, mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis juga tak baik untuk kesehatan karena bisa menaikkan kadar gula darah secara drastis. Berbuka puasa dengan memakan kurma memang baik, tapi pilihlah yang tidak terlalu manis. Selain itu, meminum air hangat, jus buah tanpa gula, atau air kelapa sangat baik dikonsumsi saat berbuka.

Itulah cara berpuasa agar tidak mudah lapar. Walaupun sedang berpuasa, namun Anda harus tetap memperhatikan makanan yang diasup demi menjaga kesehatan tubuh. Jika tubuh sehat, maka puasa akan lancar. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Baca juga: Cara menjaga berat badan selama puasa.

(NR)

Comment di sini