Cara Mencegah Kantuk Saat Puasa

by
July 17th, 2013 at 2:12 pm

CiriCara.com – Sejumlah orang yang sedang berpuasa akan mengalami kantuk yang tak tertahankan pada siang hari. Apakah Anda juga mengalami hal tersebut?

Mengantuk saat puasa - Ist

Mengantuk saat puasa – Ist

Rasa kantuk yang tertahankan pada siang hari itu bukan hanya disebabkan karena terasa lelah dan kurang tidur akibat bangun makan sahur. Akan tetapi, rasa kantuk itu juga disebabkan karena perubahan pola makan saat puasa bisa menjadi pemicu serangan kantuk.

Perubahan pola makan selama bulan Ramadan mempengaruhi metabolisme tubuh. Dan serangan kantuk saat puasa itu muncul akibat penurunan kadar glukosa darah di otak sehingga mempengaruhi suplai oksigen.

Dilansir dari Livestrong.com, otak mengonsumsi 60% glukosa dalam tubuh sebagai asupan energi. Karenanya, jika suplai glukosa terhambat tentunya akan mempengaruhi kinerja dan daya konsentrasi.

Namun, kantuk yang menyerang Anda saat puasa itu sebenarnya bisa dicegah atau diminimalisir. Bagaimana caranya? Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara mencegah kantuk saat puasa:

1. Mengonsumsi sayuran hijau

Tubuh kekurangan zat besi tentunya bisa membuat rasa kantuk itu lebih cepat muncul. Untuk itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi pada saat sahur untuk membantu tubuh menyerap oksigen lebih banyak sehingga mengurangi rasa kantuk. Makanan yang mengandung zat besi bisa ditemukan pada sayuran berdaun hijau, seperti bayam, sawi, kangkung, dan katuk.

Baca juga: Cara makan sahur agar tidak cepat lapar.

2. Mengonsumsi buah dan sayur

Jangan lupa mengonsumsi buah dan sayur pada saat sahur. Namun, konsumsilah buah dan sayur yang kaya akan vitamin C untuk memacu efektivitas penyerapan zat besi oleh tubu. Buah-buahan yang bisa Anda konsumsi, seperti jeruk, kiwi, pepaya, mangga, nanas, dan buah lainnya.

3. Mengonsumsi karbohidrat kompleks

Mengonsumsi buah dan sayur saat sahur - Ist

Mengonsumsi buah dan sayur saat sahur – Ist

Karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, oatmeal, roti gandum, ubi, jagung, atau singkong merupakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks lebih lambat dipecah menjadi gula darah sehingga sangat membantu metabolisme dalam tubuh. Dengan begitu, Anda akan merasa bugar atau tidak mengantuk hingga berbuka puasa.

4. Perbanyak meminum air putih

Anda disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas dalam satu hari. Walaupun sedang berpuasa, namun Anda harus melakukannya saat jeda buka puasa hingga sahur. Mengonsumsi air putih yang cukup membantu mencegah tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi sehingga tubuh tetap segar.

5. Menggeser jam tidur di malam hari

Jika biasanya Anda sering tidur larut malam dan berjalan-jalan sepulang kantor, maka selama bulan Ramadan ini sebaiknya dihentikan dulu sementara. Cobalah untuk tidur lebih awal selama bulan Ramadan agar waktu tidur Anda tercukupi.

6. Tidur setelah sahur

Jika memang merasa sangat mengantuk setelah makan sahur, maka ada baiknya Anda memejamkan mata sebentar. Namun, sebaiknya menunaikkan salat subuh dahulu sebelum terlelap. Tidur satu jam setelah sahur juga bisa meminimalisir rasa kantuk saat di kantor.

Itulah cara mencegah kantuk saat puasa. Tak ada salahnya meluangakn waktu untuk tidur jika rasa kantuk sudah tak tertahankan. Tidur siang setelah salat zuhur selama kurang lebih 20 menit akan memberi pengaruh yang luar biasa untuk tubuh.

Baca juga: Tidur saat sedang berpuasa itu ibadah?

(NR)

Comment di sini