China Paksa Muslim Uighur Batalkan Puasanya

by
July 17th, 2013 at 1:43 pm
Muslim Uighur, Muslim Uighur di China

Muslim Uighur – Ist

Xinjiang (CiriCara.com) – Pada Ramadan kali ini, pemerintah China kembali melarang warga Muslim Uighur menjalankan ibadah puasa. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang dipaksa untuk berbuka puasa di waktu siang.

Suku Uighur merupakan salah satu suku minoritas di negara China. Mereka tinggal di Provinsi Xinjiang, China, dan semua warganya sudah memeluk agama Islam. Itulah sebabnya mereka disebut Muslim Uighur.

Menurut Juru Bicara Kongres Uighur Dunia, Dilxadi Rexiti, sejumlah aparat pemerintah Xinjiang mendatangi rumah-rumah warga Muslim Uighur dengan membawa makanan di siang hari. Padahal mereka sudah tahu bahwa Muslim Uighur tengah berpuasa.

Dilxadi Rexiti mengungkapkan bahwa pemerintah setempat juga melarang warga Muslim Uighur untuk membaca Alquran. Sejumlah aparat juga dikerahkan untuk menjaga masjid-masjid agar tidak ada warga Uighur yang melaksanakan salat.

“Ini jelas merupakan pelanggaran,” ujar Ketua Komisi Kebebasan Beragama International AS (USCIRF), Kartina Lantos Sweet, seperti diberitakan surat kabar harian South China Morning, Selasa (16/7/2013).

Meskipun demikian, Juru Bicara Pemerintah Otonomi Xinjiang, Lou Fuyong membantah pemerintah China telah melarang Muslim Uighur berpuasa. Menurutnya, pemerintah setempat hanya melarang anak-anak untuk berpuasa karena dianggap bisa mengganggu kesehatan.

Menurut Lou Fuyong, anak-anak yang masih duduk di sekolah dasar tidak akan kuat berpuasa. Ia juga beralasan bahwa kondisi kesehatan anak akan terganggu jika ikut menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan tahun ini.

Sebenarnya, kabar penindasan warga Muslim Uighur itu bukanlah yang pertama. Pada tahun sebelumnya, USCIRF melaporkan bahwa Muslim Uighur yang ketahuan berpuasa akan dimasukkan ke penjara dan akan dikenai denda.

Beberapa restoran juga dipaksa untuk tetap buka meski di bulan Ramadan. Pengusaha yang menutup restorannya selama Ramadan akan dikenai denda oleh pemerintah setempat.

(YG)

Comment di sini