Infografis: 9 Jenis Cinta

by
July 17th, 2013 at 11:17 am

CiriCara.com - Cinta punya jenis? Iya, bahkan tidak hanya 9 jenis. Cinta memiliki arti luas. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia jilid III, “Cinta” berarti “suka sekali” atau “sayang benar”. Jadi, cinta tak hanya sekadar suka atau sayang, tapi satu tingkat di atasnya.

Tapi, kali ini kita hanya akan membahas 9 jenis cinta yang biasa ditemui dalam kehidupan manusia. Apa sajakah kesembilan jenis cinta itu?

CiriCara---Infografis---9-Jenis-Cinta

1. Cinta Sejati

Cinta sejati adalah cinta yang tulus dipersembahkan kepada orang yang disayangi. Tak hanya antara wanita dan laki-laki, cinta sejati juga menghubungkan orangtua dan anak serta sebaliknya. Cinta sejati tidak pamrih, tidak mengharapkan imbalan. Cinta sejati hanya bisa hilang jika kedua belah pihak yang saling mencintai tak lagi ada di dunia.

2. Cinta Tergila-gila

Cinta tergila-gila ditandai dengan perasaan sayang yang meluap-luap, tapi biasanya ini terjadi di antara wanita dan laki-laki yang sedang dimabuk asmara. Tapi waspadalah, cinta tergila-gila dan cinta karena nafsu hanya berbeda 1 milimeter. Kamu harus tahu perbedaan antara cinta dan nafsu.

3. Cinta Modern

Cinta modern tidak digambarkan dengan panah, tapi peluru. Melesat cepat, menembus, lalu hilang. Cinta modern sering pula disebut cinta kilat. Biasanya perasaan cinta ini muncul ketika sedang berseluncur di dunia maya atau tengah menikmati hentakan musik disko di sebuah tempat hiburan malam.

4. Cinta Ditolak

Untuk yang satu ini, mungkin sudah cukup jelas. Panah tak mampu menembus jantung hati, bahkan bengkok. Cinta layak diperjuangkan, tapi tak bisa dipaksakan. Jika cinta sudah ditolak, cermatilah keadaan, ketahui saat untuk move on. Jangan sampai malah ditolak berkali-kali karena kurang cermat membaca semangat zaman.

5. Cinta Monyet

Cinta monyet pasti pernah menghampiri kebanyakan orang. Cinta monyet disebut sebagai cinta yang tidak serius karena perasaan cinta muncul ketika orang belum matang benar, belum mengenal cinta yang sebenarnya. Tapi, tak jarang dijumpai pasangan yang menikah hingga tua berawal dari cinta monyet sewaktu mereka muda.

6. Cinta PHP

Bagi yang belum tahu, PHP adalah Pemberi Harapan Palsu. Singkatan ini disematkan bagi mereka yang gemar menebar pesona terhadap lawan jenis namun sebenarnya tidak ingin menjalin ikatan cinta bersamanya. Kenali ciri orang yang termasuk PHP dengan membaca artikel Ciri-ciri Cowok PHP ini.

7. Jomblo

Jomblo tidak berarti tidak dicintai dan tak punya rasa cinta tapi masih menunggu datangnya cinta yang sebenarnya. Jangan salah, banyak orang yang memilih menjadi jomblo meskipun banyak yang mendekati karena mereka tidak mau salah dalam menentukan langkah. Kamu termasuk di dalam golongan jomblo berkualitas itu?

8. Cinta Abadi

Cinta abadi sering disebut sebagai mitos, tak ada cinta yang abadi. Ada yang setuju, ada yang tidak. Definisi cinta abadi sedikit bersinggungan dengan cinta sejati. Tapi, cinta sejati bisa musnah. Kalau cinta abadi? Mungkin cinta ini hanya ada dalam kisah-kisah horor di mana arwah seseorang tak mau meninggalkan dunia karena ia masih cinta pada dunia.

9. Cinta Setelah Menikah

Jangan sampai cintamu seperti yang diilustrasikan pada gambar di atas. Memang banyak orang yang kehilangan perasaaan cinta begitu menikah. Buktinya, banyak sekali kasus perceraian. Untuk itu, siapkan dulu segalanya sebelum kamu memutuskan untuk menikah.

(hp)

Comment di sini